HomeUncategorized

5 Langkah Tokcer Menghafal Al-Qur’an

Saat Sahabat Baik menghafal Al-Qur’an pasti pernah merasa kesulitan, padahal sudah berkali-kali dicoba. Lalu apa yang salah ya? Nah ada lima langkah tokcer supaya Sahabat Baik bisa menghafal Al-Qur’an dengan mudah.

 

  1. Jangan Bosan Mengulang

Manfaatkan waktu sebelum atau sesudah salat wajib lima waktu untuk menghafal atau mengulangi hafalan. Sisihkan waktu minimal 15 menit dan konsistenlah. Kita bisa manfaatkan waktu menunggu waktu salat sambil mengulangi hafalan. Dengan demikian Sahabat Baik juga bisa salat tepat waktu lima kali sehari.

Bila konsisten mengulangi hafalan 15 atau 20 menit sebelum atau sesudah salat wajib lima kali sehari, maka InsyaAllah hafalan Sahabat Baik bisa tetap terjaga tanpa memberatkan.

 

  1. Sediakan Waktu Khusus

Selain waktu sholat wajib lima kali sehari, anda juga harus meluangkan waktu khusus setiap hari untuk murojaah hafalan. Ini demi kelancaran dan kekokohan hafalan anda. Semakin banyak hafalan, semakin banyak pula waktu yang harus dialokasikan untuk mengulang.

 

  1. Kurangi yang Tidak Perlu

Tanpa disadari, hal-hal tak perlu sangat berpengaruh pada kecepatan hafalan dan kemampuan mengingat hafalan. Banyak tidur, makan, dan berbicara akan membuat otak menjadi lemah dalam menghafal, terutama dalam menghafal Al-Qur’an.

 

  1. Target: Jangan Cuma Khatam

Saat mulai menghafal, niatkan untuk menghafal bukan untuk khatam agar setelah menyelesaikan hafalan 30 juz, Sahabat Baik tidak meninggalkan Al-Qur’an dan tetap semangat mengulang hafalan. Tetap menjaga metode dalam cara menghafal Al-Qur’an yang disukai karena dengan demikian akan lebih membuat senang dengan Al-Qur’an.

 

  1. Berdoa Kuncinya

Sebagai manusia hanya bisa berusaha cara menghafal Al-Qur’an, Allah yang menentukan dengan kehendaknya. Karena itu, perbanyaklah doa memohon kekuatan hafalan. Gunakan waktu-waktu doa mustajab untuk memohon agar Allah memberikan anda semagat dan kemudahan dalam menghafal kitab-Nya.

 

 

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0