Ada Hak Anak Yatim

HomeIslami

Ada Hak Anak Yatim

Sahabat Baik sudah paham jika sedekah adalah salah satu ibadah yang dimuliakan Allah, bukan hanya mendatangkan pahala tetapi juga dapat menambah harta dan dapat menghapus dosa kita. Salah satu sedekah yang di-sunah-kan Rasulullah adalah menyantuni anak yatim.

Sedekah ke anak yatim memiliki beberapa keutamaan lho Sahabat Baik antara lain:

 

Wujud ketakwaan kepada Allah

Dalam surat Al-Ma’un, ayat 1-7, Allah sangat tegas mengatakan, bahwa orang yang menyakiti anak yatim adalah orang-orang yang berdusta pada agama.

“Tahukah kamu orang yang mendustakan agama itulah orang yang menghardik anak yatim dan tidak memberi makan orang miskin, maka celakalah bagi orang-orang yang sholeh yaitu orang-orang yang lalai dari sholatnya, orang-orang yang berbuat riya dan enggan menolong dengan barang berguna”. (QS. Al-Ma’un ayat 1-7).

 

Tanda tingkat keimanan seseorang

“Dan belanjakanlah (harta bendamu) di jalan Allah, dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan, dan berbuat baiklah, karena sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik.” (QS. Al-Baqarah [2] : 195)

 

Bentuk syukur atas nikmat Allah

“Barangsiapa mengambil anak yatim dari kalangan Muslimin, dan memberinya makan dan minum, Allah akan memasukkannya ke surga, kecuali bila ia berbuat dosa besar yang tidak terampuni.( HR. Turmudzi).

 

Dapat menenagkan hati

“Sesungguhnya, seorang laki-laki mengeluh kepada Nabi saw. karena hatinya yang keras. Nabi saw. berkata: “Usaplah kepala yatim, dan berilah makan orang miskin”. (HR. Ahmad)

 

 

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0