Ada yang Baik di Hari Senin

HomeEduaction

Ada yang Baik di Hari Senin

Long weekend telah selesai, Alhamdulillah ya Sahabat Baik masih bisa merasakan liburan panjang meski mungkin harus berpuas diri di rumah saja. Satnya semangat lagi karena hari Senin harus penuh semangat! Setuju? Cakep.

 

Tahukah Sahabat Baik jika hari Senin memiliki hal baik yang pasti belum pernah kita ketahui, yuk cari tahu di bawah.

 

  1. Harinya Rasulullah

 

Abu Bakr radhiyallahu ‘anhu bertanya kepada Aisyah radhiyallahu ‘anha: “Pada hari apa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam wafat? menjawab: Hari senin. [Sahih Bukhari]

“Hari tersebut merupakan hari aku dilahirkan, dan hari aku diutus atau diturunkannya Al-Qur-an kepadaku pada hari tersebut.”

Hadis Ini merupakan bagian dari hadis Abu Qatadah al-Anshari Radhiyallahu anhu yang diriwa-yatkan oleh Imam Muslim.

 

 

  1. Pahala diangkat

 

Rasulullah bersabda, “Amal-amal manusia diperiksa di hadapan Allah dalam setiap pekan (Jumu’ah) dua kali, yaitu pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang beriman terampuni dosanya, kecuali seorang hamba yang di antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan” (HR. Muslim)

 

 

  1. Pintu surga terbuka lebar

Selain pamalan para hamba diangkat, Allah pun membuka pintu surga di hari Senin.

“Pintu-pintu Surga di buka pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu apapun akan diampuni dosa-dosanya, kecuali seseorang yang antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan. Lalu dikatakan, ‘Tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap orang ini sampai keduanya berdamai.” (HR. Muslim)

 

  1. Bisa puasa Senin

Di hari Senin saat amalan manusia akan diangkat dan pintu surga dibuka, Rasulullah menganjurkan puasa sunah, yaitu puasa Senin dan Kamis.

“Amal-amal manusia diperiksa pada setiap hari Senin dan Kamis, maka aku menyukai amal perbuatanku diperiksa sedangkan aku dalam keadaan berpuasa.” (HR. At Tirmidzi dan lainnya)

 

Nah, Sahabat baik, itulah beberapa hal baik yang bisa kita temui di hari Senin. Rasulullah pun memulai aktivitas dan bepergian di hari Senin, maka hendaklah kita sebagai seorang muslim bersemangat untuk pergi bekerja maupun beribadah. Semangat Senin!

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0