Agar Anak Tak Cepat Bosan Belajar di Rumah

HomeEduaction

Agar Anak Tak Cepat Bosan Belajar di Rumah

Sahabat Baik, anak-anak adalah kelompok usia yang rentan terpapar Covid-19. Namun tak hanya rentan secara fisik, mental mereka juga rentan terkena dampak pandemi. Ya, pembatasan sosial membuat mereka tak lagi bebas beraktivitas seperti biasanya. Mereka juga harus rela untuk tidak bertemu dengan teman-teman dan guru-guru di sekolah. Nah, yang jadi tantangan berikutnya adalah bagaimana agar anak-anak tak cepat bosan saat belajar di rumah.   Tips berikut ini dapat Sahabat Baik praktikkan untuk membuat suasana pembelajaran jarak jauh jadi menyenangkan:  

  1. Lakukan saat mood anak sedang baik

Jangan paksakan untuk belajar saat anak sedang sedih, galau, atau sedang bete. Kita saja orang dewasa akan tidak nyaman jika saat tidak mood kemudian dipaksa melakukan sesuatu. Karenanya penting sekali untuk membangun mood anak sejak ia bangun. Coba rangsang mereka dengan aktivitas yang mereka sukai agar bersemangat menjalani hari.  

  1. Berikan waktu istirahat

Sama seperti saat di sekolah, di rumah pun anak-anak butuh jeda di antara waktu belajar. Waktu istirahat ini bisa diisi dengan kegiatan selingan seperti bermain games atau makan kudapan ringan. Hal ini penting untuk menjaga semangat belajar anak.  

  1. Lakukan di lokasi yang bervariasi

Meski hanya di sekitar rumah, penting untuk membuat variasi tempat belajar anak agar tak bosan. Sekali waktu di kamar, sekali waktu di ruang tamu, bahkan dapat pula dengan menggelar tikar di halaman depan dengan konsep piknik.    

  1. Berikan apresiasi

Terakhir, jangan lupa memberikan apresiasi kepada anak saat mereka bisa mematuhi jadwal belajar di rumah dengan tertib dan kooperatif. Apresiasi ini tidak melulu berbentuk materi, sebuah pelukan sambil berucap terima kasih sudah lebih dari cukup untuk anak-anak.   Demikianlah Sahabat Baik, seperti halnya kita, anak-anak juga perlu dijaga kesehatan mentalnya. Dengan mental yang sehat kemungkinan mereka menjadi bahagia akan lebih besar. Pada akhirnya kebahagiaan inilah yang akan menguatkan daya tahan tubuh kecil mereka. Karenanya, yuk dampingi mereka belajar di rumah dengan cara yang membahagiakan. Selamat mencoba!        

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 1