Al-Qur’an dan Keutamaannya yang Dahsyat

HomeEduaction

Al-Qur’an dan Keutamaannya yang Dahsyat

Sahabat Baik mumpung liburan, yuk kita perbanyak baca Al-Qur’an sebab banyak keutamaan bisa kita dapatkan dengan membaca Al-Qur’an saja lho. Berikut adalah keutamaan membaca Qur’an menurut sabda Nabi yang perlu kita ketahui:

 

  1. Ibadah Terbaik

“Sebaik-baiknya ibadah umatku adalah membaca Al-Qur’an,” demikian sabda Baginda Nabi yang diriwayatkan oleh Al-Baihaqi. Hadis ini menjadi petunjuk bagi kita bahwa membaca Al-Qur’an merupakan ibadah utama yang harus disempatkan. Apalagi Qur’an sendiri termasuk dalam Rukun Iman, tentunya dengan mengamalkan keimanan tersebut banyak kebaikan bisa kita dapatkan.

 

  1. Pahalanya Besar

Hadis ini merupakan hadis qudsi, di mana Allah yang menyampaikannya secara langsung kepada Nabi Muhammad. Kemudian beliau meneruskannya kepada para sahabat dan umatnya kala itu.

“Allah berfirman, ‘Siapa saja yang disibukkan oleh membaca Al-Qur’an hingga tak sempat berzikir kepada-Ku dan meminta kepada-Ku, maka Aku akan memberinya balasan terbaik orang-orang yang meminta. Ingatlah, keutamaan Al-Qur’an atas kalimat-kalimat yang lain seperti keutamaan Allah atas makhluk-Nya,” sabda Nabi seperti yang diriwayatkan oleh Al-Baihaqi.

Selain balasan terbaik itu, ada kebaikan lain dari membaca Qur’an yang tak bisa diukur dengan materi. Apakah itu? Ketenangan hati.

 

  1. Hurufnya mengandung kebaikan berlipat

Rasulullah shalallahu alaihi wassalam bersabda, “Siapa saja membaca satu huruf dari kitabullah, maka dia akan mendapat satu kebaikan. Sedangkan satu kebaikan dilipatkan kepada sepuluh. Aku tidak mengatakan alif lam mim satu huruf, tetapi alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf”.

MasyaAllah membaca satu kalimat basmalah saja sudah banyak kebaikan bisa kita dapatkan. Apalagi jika kita membaca satu surat dalam Al-Qur’an, berapa banyak lagi kebaikan kita dapat?!

 

  1. Ada syafaat hebat

Al-Qur’an dapat menjadi salah satu syafaat bagi mereka yang membaca dan mengamalkannya. Rasulullah bersabda pada hadis yang diriwayatkan oleh Ahmad, “Bacalah Al-Qur’an sebab ia akan datang pada hari kiamat memberikan syafaat kepada pemilik (pembaca dan pengamal)-nya.”

Dengan syafaat tersebut, “beban” seseorang dapat diringankan oleh Allah pada hari penimbangan. Karenanya sangat mungkin ia terhindar dari azab neraka yang dahsyat.

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0