Apa ya Hukum Membawa Al-Qur’an Digital ke WC?

HomeEduaction

Apa ya Hukum Membawa Al-Qur’an Digital ke WC?

Zaman sekarang kita dimanjakan sekali dengan ragam teknologi kekinian yang membantu dan memudahkan mobilitas. Bahkan Al-Qur’an pun sudah bisa kita unduh dengan mudah di gawai. Tapi pernahkah Sahabat Baik bertanya-tanya, ketika mengunduh Al-Qur’an digital lalu karena satu dan lain hal kita lupa dan membawa gawai yang berisi Al-Qur’an digital ke dalam kamar WC/toilet. Wah bagaimana hukumnya ya?

 

 

Kalau menurut ustaz Bachtiar Nasir, membawa Al-Qur’an digital di gawai ke dalam WC/toilet, lalu dengan sengaja membukanya (on/aktif) di dalam WC/toilet atau membiarkan mushaf terbuka, baik dalam bentuk data teks atau audio, maka pelakunya berdosa. Namun, jika dalam keadaan tertutup (off/tidak aktif) atau lupa, lalu segera menonaktifkannya, pelakunya tidak berdosa. Sebab, mushaf di ponsel dapat dihukumkan seperti mushaf dalam bentuk kitab atau buku jika dalam keadaan aktif saja.  

 

 

Perlu kita pahami Sahabat Baik jika Al-Qur’an adalah kalamullah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad saw dengan banyak keutamaan seperti lahaznya merupakan mukjizat, membacanya adalah ibadah, tertulis dalam mushaf, dan tersebar dengan cara mutawatir. 

 

 

Karena itulah membawa Al-Qur’an digital di ponsel ke toilet dengan kondisi aktif/terbuka bertentangan dengan misi diturunkannya Al-Qur’an. Sudah sepatutnya Al-Qur’an ditaruh di tempat yang baik ya Sahabat Baik. 

 

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0