Awas, Tidur Tengkurap Ternyata Berbahaya!

HomeEduaction

Awas, Tidur Tengkurap Ternyata Berbahaya!

Sahabat Baik, bagi sebagian orang mungkin tidur dengan posisi tengkurap itu yang terbaik. Mereka bisa tidur dengan sangat nyaman dan lelap dengan posisi itu. Namun tahukah Sahabat, ternyata posisi tersebut berbahaya untuk tubuh, lho?! Apa saja bahayanya? Simak pada uraian berikut ini ya!

 

Berabad sebelum ada penelitian medis yang memaparkan bahaya tidur tengkurap, Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasalam sudah lebih dulu melarang kebiasaan tersebut. Ya’isy bin Thikhfah Al-Ghifari menceritakan sebuah kisah yang berkenaan dengan larangan tidur tengkurap oleh Rasulullah. “Bapakku menceritakan kepadaku bahwa, ‘Ketika aku tidur di masjid, di atas perutku, tiba-tiba ada seseorang yang menggerakkan kakiku dan berkata, ‘Sesungguhnya tidur yang seperti ini dimurkai Allah.’’ Bapakku berkata, ‘Setelah aku melihatnya ternyata beliau adalah Rasulullah”.

 

Jika Allah dan Rasul-Nya melarang sesuatu bisa dipastikan ada keburukan di sana. Dari sisi medis, posisi tidur tengkurap ternyata cukup membahayakan bagi tubuh kita. Berikut adalah beberapa di antaranya:

 

  1. Pernapasan terganggu

Saat tidur dengan posisi tengkurap, dada kita akan terhimpit beban tubuh. Hal ini menyebabkan kerja paru-paru tidak optimal. Diafragma dan rusuk juga menjadi terbatas pergerakannya. Kondisi tersebut akhirnya membuat pernapasan kita terganggu.

 

 

  1. Perut tertekan

Selain bagian dada, bagian lain yang merasa tertekan karena posisi tidur tengkurap adalah, tentu saja, perut. Akibatnya perut akan terasa tidak nyaman. Jantung yang ikut tertekan juga akan menambah rasa tak nyaman itu. Sebuah studi menyebutkan, karena kondisi yang demikian, tubuh kita membutuhkan energi 25 persen lebih banyak untuk tidur dengan posisi tengkurap tersebut.

 

 

  1. Kaku pada leher

Saat kita tidur dengan posisi tengkurap, otomatis kepala akan dimiringkan ke kanan atau kiri agar dapat bernafas. Hal ini membuat posisi tulang leher dan tulang belakang tidak sejajar. Posisi tersebut berakibat pada meningkatnya tekanan pada leher sehingga leher menjadi tegang dan kaku.

 

 

  1. Nyeri pada tulang belakang

Tidur tengkurap juga bisa mengakibatkan nyeri pada tulang belakang. Hal tersebut disebabkan oleh lengkung alami tulang belakang yang berubah menjadi tegang dan kaku. Kondisi ini diperparah dengan tekanan pada bagian tengah tubuh yang tidak seimbang sehingga menyebabkan tulang belakang terasa nyeri. Akibatnya, saraf-saraf tubuh yang terdapat dalam tulang belakang akan ikut terpengaruh.

Posisi tidur tengkurap pada bayi juga dapat meningkatkan risiko kematian mendadak, atau Sudden Infant Death Syndrome (SIDS). Hal ini karena bayi belum bisa bergerak dengan leluasa saat merasa sesak karena tengkurap.

 

 

Nah sekarang sudah tahu kan bahayanya tidur tengkurap. Yuk mending ikuti sunah Rasulullah saja untuk tidur dengan posisi miring ke kanan. Manfaatnya banyak lho untuk tubuh kita. Selamat mencoba!

 

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0