Bangun Pagi Penuh Manfaat

HomeEduaction

Bangun Pagi Penuh Manfaat

Sahabat Baik bukanlah hal baru jika bangun siang menjadi impian banyak orang, tapi jangan sia-siakan kesempatan untuk bangun lebih pagi. Sebab ada berbagai manfaat bangun pagi yang berguna bahkan bagi karir kita. Kok bisa? Jelas bisa, sejumlah penelitian menemukan bahwa seseorang yang bangun pagi lebih mudah mencapai kesuksesan. Pasalnya, ada banyak tokoh dunia yang selalu melakukan kebiasaan baik ini. Salah satunya yaitu CEO Apple Tim Cook yang mulai mengirim email pada pukul 04.30 pagi.

 

Sebenarnya, apa saja manfaat bangun pagi? Berikut kami berikan penjelasannya ya

 

1. Meningkatkan Konsentrasi

 

Salah satu manfaat utama dari bangun pagi adalah meningkatkan konsentrasi. Dengan bangun pagi kita memiliki waktu transisi antara bangun tidur dan bekerja. Waktu tersebut akan dimanfaatkan oleh otak untuk mempersiapkan diri sebelum melakukan berbagai pekerjaan.Selain itu, mulai bekerja pada pagi hari juga bisa membuatmu lebih konsentrasi karena pikiranmu masih segar.

 

2. Meningkatkan Produktivitas

 

Manfaat bangun pagi selanjutnya adalah meningkatkan produktivitas kerja. Dikutip dari Develop Good Habits, otak manusia akan lebih waspada di pagi hari, maka ketika Sahabat Baik bangun dan mulai bekerja pada pagi hari, otakmu akan bekerja lebih maksimal dalam melakukan berbagai pekerjaan.

Selain itu, kita juga bisa memanfaatkan pagi untuk merencanakan berbagai hal yang akan diselesaikan. Jadi, kita memiliki patokan prioritas terkait hal-hal yang harus dikerjakan.

 

 

3. Mengurangi Stres

 

Bangun pagi membuat kita memiliki banyak waktu untuk mempersiapkan diri. Ketika mulai kerja, kita bisa benar-benar siap secara fisik dan mental; sehingga Sahabat Baik  tidak perlu merasa stres sebelum bekerja.

 

4. Menjaga Kesehatan Mental

 

Menurut penelitian yang dipublikasikan di Journal of Psychiatric Research, seseorang yang bangun pagi memiliki lebih kecil kemungkinan untuk mengalami masalah kesehatan mental. Masalah yang dimaksud bisa berupa depresi, kecemasan, dan gangguan suasana hati, terutama pada wanita.

Manfaat bangun pagi yang satu ini tentu saja berguna bagi karir. Sahabat Baik bisa melakukan pekerjaan dengan tenang tanpa gangguan kesehatan mental.

 

5. Meningkatkan Kemampuan Perencanaan

 

Dengan bangun pagi kita memiliki banyak waktu untuk merencanakan berbagai hal, mulai dari apa pekerjaan yang harus diselesaikan, timeline kerja, hingga jadwal rapat.

Dengan kebiasaan tersebut, kita akan memiliki kemampuan perencanaan yang lebih tinggi daripada mereka yang bangun lebih siang, seperti dikutip dari Forbes.

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0