Bangun Tidur Kuterus Lapaaar!

HomeEduaction

Bangun Tidur Kuterus Lapaaar!

Pasti Sahabat Baik pernah merasakan bangun tidur perut keroncongan. Kira-kira kenapa ya? Kalau penasaran sila simak penjelasannya di bawah ini, yuk!

 

Dilansir dari Halodoc pusat nafsu makan kita berada di inti dalam batang otak dan hipotalamus. Bagian tersebut berperan merespon tingkat kadar glukosa dalam darah dan hormon tubuh seperti ghrelin, leptin, dan hormon tiroid. Fluktuasi pada hormon dan kadar glukosa darah dapat berpengaruh pada nafsu makan. Saat kadar gula darah tubuh turun, maka terjadi peningkatan hormon ghrelin yang akan menstimulasi rasa lapar. Sedangkan saat terjadi peningkatan kadar glukosa darah, maka hormon leptin akan menekan nafsu makan.

 

Hormon insulin juga dapat mempengaruhi nafsu makan. Insulin akan merangsang sel-sel dalam hati, jaringan lemak dan otot untuk menyerap glukosa, kemudian membakarnya untuk dijadikan energi atau disimpan sebagai cadangan energi. Saat insulin membuat kadar glukosa turun, maka pankreas dan kelenjar adrenal akan memproduksi hormon kontra-regulasi seperti hormon glukagon dan epinefrin yang akan membuat kamu merasa lapar lagi. Sehingga, semakin banyak insulin pankreas yang dihasilkan untuk merespon makanan yang dikonsumsi, maka semakin besar potensi lapar lagi.

 

Nah meskipun dalam keadaan tidur, tubuh tetap bekerja keras untuk regenerasi sel sehingga membutuhkan energi saat tidur. Karena pembakaran kalori tetap terjadi saat tidur, maka tidak heran tubuh merasa lapar saat terbangun dari tidur. Lantas, apakah ada penyebab lain dari lapar setelah bangun tidur?

  1. Kurang Tidur

Para peneliti dari Uppsala University di Swedia menemukan bahwa efek kurang tidur bisa memengaruhi bagian otak yang mengatur rasa kenyang dan nafsu makan, sehingga membuat kamu mudah merasa lapar. Sebuah studi lainnya juga menyebutkan bahwa kurang tidur dapat mendorong seseorang untuk makan dua kali lipat dari jumlah kalori biasanya. Kalau Sahabat Baik memiliki keluhan pola tidur yang mengganggu waktu tidurmu.

 

  1. Kurang Air Minum

Dehidrasi dapat mengganggu bagian otak pengatur hormon nafsu makan (hipotalamus), sehingga ada kemungkinan tubuh salah menafsirkan rasa haus sebagai rasa lapar. Karena itu, saat kamu bangun tidur dengan perut keroncongan, kamu dianjurkan untuk minum air putih terlebih dahulu untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang selama tidur.

 

  1. Terlalu Banyak  Karbohidrat

Saat perut lapar di malam hari, beberapa orang akan memilih makanan yang mengandung karbohidrat agar kenyang. Padahal, mengonsumsi terlalu banyak karbohidrat olahan dapat membuat kadar gula meningkat dan hilang dalam waktu yang cepat. Karena kadar glukosa darah turun, maka tubuh akan memproduksi hormon ghrelin yang menstimulasi rasa lapar.

 

Sekarang Sahabat Baik sudah tau alasannya dong? Yuk kiota ubah pola hidup kita.

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0