Beda Negara Beda Caranya

HomeTips n Trik

Beda Negara Beda Caranya

Sahabat Baik, tidur siang ternyata banyak sekali manfaatnya lho, dari mengurangi lelah hingga mengurangi risiko penyakit jantung. Karenanya, ada beberapa negara di dunia yang punya budaya tidur siang. Bahkan, budaya ini pun berkembang menjadi identitas masyarakat. Nah, negara mana sajakah yang memiliki budaya tidur siang ini? Simak uraiannya berikut ini ya!

 

Sekurangnya ada lima negara di dunia yang memiliki budaya tidur siang yang kuat, yaitu:

  1. Jepang

Tidur siang di Jepang disebut dengan inemuri. Budaya tidur siang ini telah berkembang secara turun-temurun di Jepang. Tidur siang pada saat bekerja menjadi kebanggan tersendiri bagi masyarakat Jepang karena itu adalah pertanda ketekunan. Ya, tidur siang menjadi bukti bahwa yang bersangkutan telah bekerja keras hingga kelelahan.

 

 

  1. Spanyol

Masyarakat Spanyol menyebut budaya tidur siang dengan siesta. Budaya tidur siang ini disinyalir datang dari pengaruh perkembangan agama Islam di Spanyol. Rasulullah dan para Sahabat dulu memang rutin melaksanakan tidur siang singkat sebagai waktu beristirahat. Dalam perkembangannya, siesta di Spanyol berlangsung antara 2-3 jam. Masyarakat menggunakan waktu tersebut untuk menghindari terik matahari pada saat bekerja.

 

 

 

  1. Yunani

Mesimeri adalah sebutan tidur siang di Yunani. Istilah tersebut merupakan gabungan dua kata bahasa Yunani yang berarti “waktu senyap” dan “tengah hari”. Karenanya, mesimeri biasanya dilakukan oleh masyarakat pada pukul dua siang hingga pukul empat sore. Banyak pertokoan tutup untuk melaksanakan budaya ini. Juga, banyak desa dan kota di Yunani yang tampak seperti daerah tak berpenghuni karena penduduknya sedang melakukan mesimeri.

 

  1. Italia

Italia menyebut budaya tidur siangnya dengan riposo. Durasi untuk melakukan riposo adalah selama satu setengah jam hingga dua jam. Riposo dijalankan dengan tujuan untuk menyesuaikan kondisi tubuh dengan jam biologis manusia. Saat masyarakat melaksanakan riposo ini, banyak pusat perdagangan tutup. Museum, pertokoan, bahkan gereja di Spanyol juga ikut tutup sementara karena kebudayaan riposo ini.

 

 

  1. Indonesia

Daerah di Indonesia yang memiliki budaya tidur siang adalah Provinsi Gorontalo, Sulawesi. Masyarakat Gorontalo melaksanakan tidur siang karena cuaca di sana yang cukup panas pada siang hari. Karenanya, masyarakat memilih untuk beristirahat pada saat itu. Para pedagang akan menutup tokonya dan karyawan kantoran akan pulang sebentar untuk tidur siang. Budaya ini telah berlangsung selama puluhan tahun.

 

 

Wah, menarik ya, ternyata tidur siang bukanlah hal sepele. Banyak negara sudah mempraktikkannya dan dipercaya produktivitas akan meningkat karenanya. Sahabat Baik sudah coba melakukannya?

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0