Belajar Karakter Diri dari Masyarakat Madura

HomeEduaction

Belajar Karakter Diri dari Masyarakat Madura

Sahabat Baik banyak hal baik bisa kita pelajari dari kehidupan masyarakat Indonesia, salah satunya masyarakat Madura. Tahukah Sahabat Baik jika masyarakat Madura dikenal dengan karakteristik apa adanya yang menonjol. Dengan karakteristik yang demikian, sebenarnya nilai-nilai budaya Madura membuka peluang bagi ekspresi individual secara lebih transparan. Bagi orang Madura harga diri merupakan nilai budaya yang hingga saat ini masih dijunjung tinggi. Harga diri adalah nilai yang mendasar bagi orang Madura dan menjadi ukuran eksistensi diri. Oleh karenanya, harga diri merupakan hal penting yang harus dipertahankan agar tidak direndahkan. Orang Madura yang dilecehkan harga dirinya akan merasa malo (malu) kemudian melakukan carok terhadap orang yang melecehkan itu. Pelecehan harga diri sama artinya dengan pelecehan terhadap kapasitas diri.

 

Hebatnya masyarakat Madura tidak dapat dipisahkan dari ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari. Islam dan Madura seperti dua hal yang tidak dapat dipisahkan dan berhubungan dengan erat satu sama lain. Perilaku orang Madura begitu kental dengan ajaran-ajaran Islam. Ajaran-ajaran Islam memberikan kontribusi yang cukup besar terhadap pembentukan nilai-nilai budaya masyarakat Madura.

 

Nilai-nilai Islam menjadi salah satu sifat yang mendefinisikan orang Madura, sehingga dengan demikian bahwa orang Madura pasti beragama Islam. Sebuah gambaran yang menunjukkan bahwa orang Madura berjiwa agama Islam terdapat ungkapan abantal syahadat, asapo iman, apayung Allah (dalam kehidupan mereka memakai syahadat sebagai alas kepala, berselimut iman, dan berlindung kepada Allah, niscaya akan selamat). Menghina agama sama halnya menyinggung harga diri (apote tolang), hukumnya adalah mati. Status seseorang bagi orang Madura dilihat dari kadar ke-Islaman yang melekat pada dirinya. Simbol agama Islam tertinggi yang dipakai sebagai patokan adalah kiai dan kemudian haji.

 

MasyaAllah semoga nilai-nilai kebaikan yang dimiliki masyarakat Madura bisa kita tiru ya Sahabat Baik.

 

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0