Biar Dingin Asal Sehat

HomeUncategorized

Biar Dingin Asal Sehat

Sahabat Baik jangan lupa mandi ya, selain membersihkan badan, ternyata mandi juga bagus buat kesehatan apalagi kalau mandinya menggunakan air dingin. Menurut penelitian menggunakan air dingin bermanfaat bagi kesehatan fisik dan mental.

 

Berikut lima manfaat baik mandi menggunakan air dingin:

 

 

  1. Melancarkan sirkulasi darah
    Air dingin yang menyentuh tubuh mampu memberikan rangsangan pada aliran darah. Hal ini karena tubuh berusaha menjaga suhu yang ideal sehingga jantung akan memompa aliran darah secara lebih efisien. Peredaran darah yang lancar akan membuat kita terhindar dari penyakit kardiovaskular.

 

 

  1. Mood makin baik
    Beberapa peneliti menemukan bahwa mandi air dingin dapat memberi manfaat bagi fisik maupun mental. Menurut artikel yang dimuat dalam jurnal Medical Hypotheses, mandi dengan air dingin mampu mengaktifkan sistem saraf simpatik serta meningkatkan hormon endorfin. Hormon endorfin inilah yang mampu memicu rasa senang pada tubuh dan pikiran kita. Sehingga mood dan kita pun dapat terbangun dengan sendirinya menjadi baik.

 

 

  1. Menenangkan kulit iritasi
    Kalau kamu memiliki kondisi khusus pada kulitmu seperti eksim atau psoriasis, mandi air dingin dianjurkan untuk menjaga agar tidak gatal. Mandi dengan air hangat justru akan menghilangkan minyak alami dari permukaan kulit. Mandi dengan air dingin sangat dianjurkan jika kamu memiliki masalah dengan skin barrier seperti iritasi, kulit mengelupas, dan sebagainya.

 

 

  1. Kulit makin glowing
    Faktanya mandi dengan air dingin mampu mengencangkan kulit. Di samping itu, air dingin juga mampu menghambat aliran darah sehingga membuat kulitmu bersinar lebih sehat. Tidak seperti air panas, air dingin tidak akan membuat lapisan minyak alami kulit menjadi kering.

 

 

  1. Meredakan rasa sakit
    Faktanya, mandi dengan air dingin dapat menghilangkan rasa sakit. Hal ini disebabkan paparan air dingin yang mampu menyebabkan pembuluh darah mengerut. Sehingga pembengkakan dan penumpukan cairan dalam tubuh berkurang.

 

Di samping itu, air dingin juga mampu memperlambat pengiriminan sinyal rasa sakit ke otak. Inilah yang membuat rasa sakit menjadi berkurang. Untuk itu mandi air dingin cocok dilakukan setelah kamu memiliki aktivitas fisik yang intens seperti olahraga berat.

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0