Cek Waktu Tubuh Dulu dong Sahabat Baik

HomeEduaction

Cek Waktu Tubuh Dulu dong Sahabat Baik

Masalah kesehatan seperti alergi atau depresi ternyata bisa menyebabkan gangguan tidur seperti sleep apnea lho Sahabat Baik.  Tak peduli seberapa besar usaha untuk tidur dan bangun tidur tepat waktu, kita akan tetap merasa lelah di pagi hari dan mengantuk sepanjang hari. Untuk itu, Sahabat Baik bisa mengusahakan agar dapat bangun  tepat waktu.

 

Nah hal tersebut bisa dimulai dari malam sebelumnya. Jika kita benar-benar berkeinginan kuat kebiasaan susah bangun tidur dapat diatasi. Namun, jika pada saat bangun tidur malah merasa sakit kepala, lemas, atau tidak bertenaga sama sekali, jangan ragu untuk mengecek kondisi tubuh secara mandiri terlebih dahulu. Sebab tubuh memiliki mekanisme biologis untuk mengatur waktu tidur.

 

Untuk memberi sinyal bahwa tubuh butuh istirahat, suhu tubuh akan menurun dan detak jantung melambat.  Selain itu, tubuh akan melepaskan melatonin ke dalam aliran darah setidaknya 1 atau 2 jam sebelum jam tidur biasa. Proses ini akan mencapai puncaknya pada pukul 3-4 pagi. Setelah itu, tubuh akan memulai proses bangun tidur. Pada pukul 4-6 pagi, kebanyakan orang justru sedang tidur dengan lelapnya. Bangun tidur pada jam-jam tersebut pun terasa sangat sulit.

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0