Damai Dulu dengan Si Gagal

HomeIslamiEduaction

Damai Dulu dengan Si Gagal

Kegagalan memang bumbu dalam kehidupan, tapi jangan sampai kegagalan merenggut kebahagiaanmu. Meski sekarang kamu dihadang si gagal sebab tak bisa mendapatkan beasiswa yang telah kamu incar lama dan kamu telah belajar tanpa kenal waktu, tapi kamu juga perlu tahu cara berdamai dengan kegagalan. Seperti dilansir Forbes, ada lima langkah yang bisa kamu lakukan, antara lain:

1. Pisahkan kegagalan dari identitas Anda

Hanya karena kamu belum menemukan cara untuk sukses, bukan berarti telah gagal. Jadi, jangan samakan antara kegagalan dan keyakinan akan pribadimu ya.

2. Belajar dan segera beradaptasi

Singkirkan rasa marah, frustrasi, dan penyesalan yang kamu rasakan. Merenunglah tentang “Mengapa aku gagal?” Setelah menganalisis kegagalan itu maka saatnya membuat strategi dan langkah nyata untuk masa depanmu.

3. Lupakan

Jangan terobsesi sama kegagalan. Maksudnya adalah ketika gagal sekali lalu kamu tak mau mencoba lagi karena yakin akan gagal lagi. Lupakan saja semuanya dan segera melangkah maju supaya kamu bisa segera melupakan kegagalan di masa lalu.

4. Jangan dengarkan kata orang lain

Ketika gagal maka kita merasa dunia menghakimi kita, kalau sudah begitu tutup saja telingamu dan terus melangkah tanpa takut karena yang tahu potensimu ya cuma kamu.

5. Cobalah sudut pandang baru

Yuk ubah perspektif sambil afirmasi diri: “Jika aku gagal, itu bukan berarti aku bodoh, lemah, atau tidak mampu. Dan, saya tidak ditakdirkan untuk gagal”.

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0