Hanya Satu Tujuan, Allah

HomeEduaction

Hanya Satu Tujuan, Allah

Sebelum membaca Al-Qur’an, sebaiknya kita menguatkan dan meluruskan niat bahwa bacaan kita bertujuan untuk ibadah kepada Allah semata. Dengan demikian tiada sebab lain dari aktivitas mendaras kitabullah yang akan kita lakukan, kecuali Allah. Hal ini menjadi penting, karena rentan sekali hati kita tergoda untuk mengindah-indahkan bacaan untuk memesona orang lain.

 

Rasulullah bersabda, “Segala amal perbuatan bergantung pada niat dan setiap orang akan memperoleh pahala sesuai dengan niatnya. Barang siapa berhijrah dengan niat mencari keuntungan duniawi atau untuk mengawini seorang perempuan, maka (pahala) hijrahnya sesuai dengan niatnya itu.” (HR Bukhari). Hadis ini mempertegas urgensi niat dalam setiap amalan kita, termasuk membaca Al-Qur’an.

 

Seperti telah disebutkan di atas bahwa membaca Al-Qur’an termasuk salah satu bentuk ibadah. Kegiatan ibadah akan lebih baik jika dilakukan pada tempat yang bersih dan memakai pakaian yang bersih pula.

 

Karena itulah, membaca Qur’an di tempat yang bersih, seperti masjid, lebih utama. Apalagi jika ditambah dengan posisi duduk menghadap kiblat, akan lebih banyak kebaikan kita dapatkan. Dengan duduk menghadap ke baitullah, kita bisa menghadirkan kesan sedang menghadap Allah sambil membaca kalam-Nya.

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0