Hari Terbaik Untuk Sedekah

HomeEduaction

Hari Terbaik Untuk Sedekah

Pernahkah berpikir “kenapa sedekah di hari Jumat?” Kami punya jawabannya, hal tersebut dikarenakan banyak keutamaan melakukan sedekah di hari yang mulia dibanding pada hari-hari biasa.

 

Dalam hadis Rasulullah saw., disebutkan anjuran khusus tentang keutamaan sedekah di hari Jumat: عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللهِ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَهُوَ عَلَى مِنْبَرِهِ يَا أَيُّهَا النَّاسُ تُوبُوا إِلَى رَبِّكُمْ قَبْلَ أَنْ تَمُوتُوا وَبَادِرُوا إِلَيْهِ بِالْأَعْمَالِ الصَّالِحَةِ وَصِلُوا الَّذِي بَيْنَهُ وَبَيْنكُمْ بِكَثْرَةِ ذِكْرِكُمْ وَبِكَثْرَةِ الصَّدَقَةِ فِي السِّرِّ وَالْعَلَانِيَّةِ، تُؤْجَرُوا، وَتُنْصَرُوا، وَتُرْزَقُوا،

 

“Dari Jabir bin Abdillah berkata, Rasulullah saw. bersabda saat beliau berada di atas mimbarnya, wahai manusia bertobatlah kalian kepada Tuhan kalian sebelum kalian mati. Bersegeralah kembali pada-Nya dengan amal-amal saleh, sambunglah hubungan antara Tuhan dan kalian dengan memperbanyak dzikir dan sedekahlah di saat sepi dan ramai, maka kalian akan diganjar, ditolong dan diberi rizki.” (HR. al-Kassi dalam kitab al-Muntakhab min Musnad Abd bin Humaid).

 

Ibnul Qayyim berkata ”Bersedekah pada hari Jumat dibandingkan hari-hari lainnya dalam sepekan, seperti bersedekah pada bulan Ramadan dibandingkan bulan-bulan lainnya”.

 

Dalam riwayat lain, Rasulullah bersabda: والصدقة فيه أعظم من الصدقة في سائر الأيام ”Bersedekah di dalamnya lebih besar (pahalanya) daripada bersedekah pada hari lainnya”. (hadits mauquf shahih namun memiliki hukum marfu’).

 

Di Jumat penuh berkah ini yuk kita perbanyak sedekah.

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0