Ikuti 5 Langkah Ini Agar Menghafal Lebih Mudah

HomeNews

Ikuti 5 Langkah Ini Agar Menghafal Lebih Mudah

Sahabat Pendidikan walau sibuk jangan lupa untuk meluangkan waktu membaca dan menghafal Al-Qur’an ya. Seperti yang tertulis dalam QS Al-Qamar: 17, “Dan sesungguhnya telah Kami mudahkan Al-Qur’an untuk pelajaran, maka adakah orang yang mengambil pelajaran?”.

Berdasarkan firman tersebut kita ketahui bahwa Allah menjadikan Al-Qur’an sebagai kitab yang mudah dipelajari dan dihafalkan. Al-Qur’an memberi petunjuk jalan yang lurus dan memberi bimbingan kepada umat manusia dalam menempuh perjalanan hidupnya. Tentunya petunjuk agar selamat di dunia dan akhirat. Nabi Muhammad bersabda, “sebaik-baik kamu adalah orang yang mempelajari Al-Qur’an dan mengajarkannya.” (HR. Bukhari). Salah satu bukti istimewanya Al-Qur’an adalah ia menjadi satu-satunya kitab yang mampu dihafal semua kalangan tanpa terlewatkan satu huruf pun dan menjadi satu-satunya kitab yang tetap terjaga kemurnianya.

Nah sudah saatnya Sahabat Pendidikan memulai untuk menghafal Al-Qur’an agar hidup lebih tenang dan lebih berfaedah. Namun kalau Sahabat Pendidikan bingung ingin memulai menghafal dari mana, simak uraian di bawah ya semoga dapat membantu Sahabat Pendidikan menentukan kapan mau memulai:  

  1. Mulailah menghafal dari Juz 30 atau juz 29 atau juz 28, setelah itu silahkan mulai dari Juz 1 dan seterusnya.
  2. Usahakan istiqamah dengan satu mushaf untuk lebih memudahkan Sahabat Pendidikan dengan sebuah kebiasaan.  
  3. Persiapkan diri dengan mengatur lima waktu khusus untuk menghafal dalam sehari, misalnya setelah selesai menunaikan salat fardhu.  
  4. Gunakanlah MP3/MP4 Player atau apa saja yang dilengkapi dengan fasilitas recorder & playback supaya Sahabat Pendidikan bisa mendengarnya di setiap kesempatan sebagai muraja’ah
  5.  Gunakan kesempatan Qiyam Al Layl sebagai waktu tambahan untuk memuraja’ah hafalan-hafalan Sahabat Pendidikan.  

Kami doakan semoga Sahabat Pendidikan bisa selalu istiqmah dalam menghafal Al-Qur’an di tengah kesibukan saat ini, aamiin.

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0