Jangan Salah Pilih Bahan Hijabmu

HomeEduaction

Jangan Salah Pilih Bahan Hijabmu

Sahabat Baik berhijab adalah sebuah kewajiban untuk para muslimah, zaman ini banyak sekali bermunculan tren berhijab trendi namun tetap syar’i. Hanya saja Sahabat Baik jangan sampai salah pilih bahan hijab ya, karena meskipun menutup aurat kenyamanan juga harus diperhatikan.

 

1.Katun

Kerudung berjenis katun jadi jenis kerudung yang paling banyak dicari para hijabers karena bahannya sejuk dan sangat nyaman dipakai sehingga cocok untuk dipakai sehari-hari. Hijab ini juga mudah dan dijadikan bermacam-macam model, tapi sayangnya kerudung ini mudah sekali lecek.

 

  1. Sifon

Bahan sifon terbuat dari serat kapas, sutra dan serat sintesis sehingga memiliki sifat yang licin, tipis dan transparan. Teksturnya yang tipis dan ringan membuat jenis kerudung ini nyaman dipakai di cuaca panas. Tapi sebelum memakai hijab jenis sifon, perlu memakai inner yang menutup samapi dada.

 

  1. Ceruti

Jika dilihat sekilas hijab ceruti nampak mirip dengan hijab sifon. Hijab ceruti memiliki tekstur tipis dan ringan serta cukup transparan, jadi diperlukan inner yang bisa menutup sampai leher. Kerudung jenis ini tak hanya cocok dipakai sehari-hari aja, tapi juga cocok dipakai di acara-acara formal.

 

 

  1. Voal

Selain hijab katun, hijab voal atau voile menjadi hijab paling banyak diburu para hijabers. Pasalnya bahan voal punya tekstur yang sangat halus dan ringan, mudah dibentuk serta tidak transparan. Tapi ternyata voile bukan jenis kain Sahabat Baik.Dikutip dari berbagai sumber, ‘voile’ adalah penyebutan untuk kerudung dalam bahasa Perancis. Sebagian besar kerudung voal terbuat dari katun, tapi ada juga yang terbuat dari campuran serat rayon, linen, silk sampai polyster.

Nah jenis hijab jenis ini cocok sekali dipakai sehari-hari atau dibawa traveling karena tidak mudah lecek dan mudah dibentuk tanpa perlu disetrika terlebih dahulu. Bahan voal juga tidak menerawang sehingga memungkinkan untuk memakai kerudung jenis ini tanpa memakai inner lagi.

 

  1. Cornskin

Sesuai dengan namanya, hijab berbahan cornskin punya tekstur menyerupai ‘kulit jagung’. Jenis hijab ini cocok dipakai sehari-hari karena punya tekstur sangat nyaman, ringan dan tidak membuat gerah kalau dipakai di siang hari.

Tapi, hijab cornskin punya tekstur lemas sehingga cukup sulit dibentuk. Tampilan hijab ini juga semi-transparan, jadi kamu perlu menggunakan inner ninja saat memakai hijab cornskin.

 

  1. Diamond

Bahan diamond terkenal karena mudah dibentuk dan tak mudah lecek. Bahan jenis ini seringkali digunakan dalam bentuk pashmina ataupun kerudung segi empat. Diamond memiliki tekstur  agak kasar seperti kulit jeruk, tapi kerudung ini masih tergolong nyaman dipakai sehari-hari karena ringan dan tidak bikin gerah.

 

  1. Satin

Jenis kerudung satin seringkali dipakai melengkapi busana formal. Hijab satin memiliki tekstur licin, halus, dan mengilap sehingga memberikan kesan mewah dan elegan. Tapi bahan jenis ini tidak cukup baik dalam menyerap keringat sehingga menimbulkan rasa gerah.

 

 

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0