Jangan Terpuruk Karena Krisis Seperempat Hidup

HomeEduaction

Jangan Terpuruk Karena Krisis Seperempat Hidup

Namanya juga hidup, kadang kita merasa apa yang kita lakukan tak sebanding dengan apa yang kita dapatkan. Bahkan ada perasaan di mana kita merasa jauh tertinggal dari teman-teman  yang telah sukses melanjutkan studi di luar negeri, mendapatkan beasiswa bergengsi, dan sebagainya. Nah perasaan yang Sahabat Baik rasakan biasa disebut krisis seperempat kehidupan alias Quarter Life Crisis (QLC). QLC adalah krisis yang melibatkan kecemasan terhadap arah dan kualitas hidup seseorang. Pada umumya QLC dialami pada periode usia dua puluh hingga tiga puluhan (meski bisa dimulai lebih awal). Nah supaya kita gak makin tenggelam dan bisa bangkit lagi meraih mimpi, yuk ikuti tips di bawah ini.

 

 

  1. Gak Perlu Membandingkan Diri

Saatnya berhenti membandingkan kehidupan dengan orang lain. Ingat! Tujuan kita dan orang lain berbeda, fokus saja pada pencapain diri. Jangan lupa terus mengasah kemampuan di bidang yang Sahabat Baik banget.

 

 

  1. STOP Memaksakan Diri

Mematok target sih sah-sah saja, tapi jangan memaksakan diri hingga merasa terbebani. Ingat! Nikmati prosesnya, nikmati waktu untuk maju, syukuri,  dan jangan berekspektasi terlalu tinggi supaya kita gak sakit hati.

 

 

  1. Kenalan Dulu Sama Dirimu

    Kenalan dulu yuk, iya sama diri Sahabat Baik. Lihat lagi apa saja kelemahan, kelebihan, kesukaan, tujuan, dan cari tahu lebih dalam kepribadian kita. Lalu mulai langkah awal untuk berubah dengan cara sendiri.

 

  1. Cari Teman yang Sefrekuensi

Sudah saatnya meninggalkan lingkaran pertemanan yang tak membuat kita lebih baik, saatnya mencari teman yang memiliki minat sama. Seseorang yang memiliki pengalaman lebih dari kita. Seseorang yang akann membantu tanpa menghardik dan akan terus menyokong.

 

  1. Bergerak!

Saatnya bergerak! Kalau kita punya mimpi maka Sahabat Baik yang harus bergerak meweujudkannya, bukan orang lain. Terus belajar dan asah terus kemampuan, jangan ragu meminta masukan dari orang-orang terdekat. Jangan takut gagal, nikmati saja prosesnya.

 

Semoga tips di atas dapat membuat Sahabat Baik kian semangat untuk bangkit dari keterpurukan akibat QLC. Ingat! QLC hanyalah rintangan hidup yang perlu dilewati, jangan terpaku karena kehadirannya. Sahabat Baikadalah penentu masa depan, tetap semangat gapai mimpi ya!

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0