Jumat Penuh Berkah Jumat Penuh Keutamaan

Homecampaign

Jumat Penuh Berkah Jumat Penuh Keutamaan

Sahabat Pendidikan harus tahu jika hari Jumat adalah hari yang agung, dengannya Allah mengagungkan dan menghiasi Islam. Allah memuliakan umat Muhammad shallallahu ‘alahi wasallam dengan hari Jumat, yang tidak diberikan kepada umat-umat nabi terdahulu. Terdapat beberapa dalil yang menunjukkan keutamaan hari Jumat. Berikut ini dalil yang menyebutkan keutamaan hari Jumat. Al-Imam al-Syafi’i dan al-Imam Ahmad meriwayatkan dari Sa’ad bin ‘Ubadah sebuah hadis:

سَيِّدُ الْأَيَّامِ عِنْدَ اللهِ يَوْمُ الْجُمُعَةِ وَهُوَ أَعْظَمُ مِنْ يَوْمِ النَّحَرِ وَيَوْمُ الْفِطْرِ وَفِيْهِ خَمْسُ خِصَالٍ فِيْهِ خَلَقَ اللهُ آدَمَ وَفِيْهِ أُهْبِطَ مِنَ الْجَنَّةِ إِلَى الْأَرْضِ وَفِيْهِ تُوُفِّيَ وَفِيْهِ سَاعَةٌ لَا يَسْأَلُ الْعَبْدُ فِيْهَا اللهَ شَيْئًا إِلَّا أَعْطَاهُ إِيَّاهُ مَا لَمْ يَسْأَلْ إِثْمًا أَوْ قَطِيْعَةَ رَحِمٍ وَفِيْهِ تَقُوْمُ السَّاعَةُ وَمَا مِنْ مَلَكٍ مُقّرَّبٍ وَلَا سَمَاءٍ وَلَا أَرْضٍ وَلَا رِيْحٍ وَلَا جَبَلٍ وَلَا حَجَرٍ إِلَّا وَهُوَ مُشْفِقٌ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ

“Rajanya hari di sisi Allah adalah hari Jumat. Ia lebih agung dari pada hari raya kurban dan hari raya Fithri. Di dalam Jumat terdapat lima keutamaan. Pada hari Jumat Allah menciptakan Nabi Adam dan mengeluarkannya dari surga ke bumi. Pada hari Jumat pula Nabi Adam wafat. Di dalam hari Jumat terdapat waktu yang tiada seorang hamba meminta sesuatu di dalamnya kecuali Allah mengabulkan permintaannya, selama tidak meminta dosa atau memutus tali silaturahmi. Hari kiamat juga terjadi di hari Jumat. Tiada Malaikat yang didekatkan di sisi Allah, langit, bumi, angin, gunung dan batu kecuali ia khawatir terjadinya kiamat saat hari Jumat”.

Rasulullah SAW menegaskan, “Sebaik-baik hari yang pada hari itu matahari terbit adalah Hari Jumat” (HR Muslim).

Nah, apa sajakah keistimewaan yang hanya ada pada hari Jumat? Berikut penjelasannya:

  1. Hari paling baik
    Diriwayatkan oleh Muslim dari Abu Hurairah, Rasulullah shalallahu alaihi wassalam bersabda, “Hari paling baik di mana matahari terbit pada hari itu adalah hari Jumat. Pada hari itu Adam diciptakan, dan pada hari itu Adam dimasukkan ke dalam surga, serta pada hari itu pula Adam dikeluarkan dari surga. Pada hari itu juga kiamat akan terjadi. Pada hari tersebut terdapat suatu waktu di mana tidaklah seorang mukmin salat menghadap kepada Allah mengharapkan kebaikan kecuali Allah akan mengabulkan permintaannya.”
  2. Ada waktu mustajab untuk berdoa
    Hal ini sesuai dengan hadis Nabi yang diriwayatkan dari Abu Hurairah. Nabi bersabda, “Sesungguhnya pada hari Jumat terdapat waktu mustajab bila seorang hamba muslim melaksanakan salat dan meminta sesuatu kepada Allah pada waktu itu, niscaya Allah akan mengabulkannya. Rasulullah mengisyaratkan dengan tangannya untuk menggambarkan waktu itu.” (HR. Muttafaqu Alaih). Dua pendapat yang paling kuat menyebutkan tentang waktu tersebut adalah pertama, saat duduknya khatib sampainya selesainya salat Jumat; dan kedua, waktu sesudah asar hingga menjelang magrib.
  3. Sedekah dilipatkan pahalanya
    Rasulullah menyampaikan dalam hadis beliau, “Dan sedekah pada hari itu lebih mulia dibanding hari-hari selainnya.” (Mauquf Shahih).
  4. Hari memperbanyak shalawat
    Diriwayatkan oleh Baihaqi, Rasulullah bersabda, “Perbanyaklah shalawat kepadaku pada setiap Jumat. Karena shalawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap Jumat. Barangsiapa yang banyak bershalawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti.”
  5. Hari di mana Allah akan menampakkan diri
    Pada hari Jumat, Allah akan menampakkan diri kepada hamba-hamba-Nya yang beriman di surga. Hal ini dijelaskan oleh sahabat Rasulullah, Anas bin Malik, saat mengomentari kandungan Al-Qur’an Surat Qaf ayat 35. Pada ayat tersebut Allah berfirman, “Dan kami memiliki pertambahannya.” Kemudian Anas mengomentari ayat tersebut dengan mengatakan, “Allah menampakkan diri kepada mereka setiap hari Jumat.”

Demikianlah Sahabat Pendidikan, keistimewaan yang hanya bisa kita dapatkan pada hari Jumat. Nah, mumpung hari Jumat belum berlalu, yuk kejar keistimewaan itu! Semoga Allah memberkahi kita selalu… aamiin…

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0