Kafein oh Kafein

HomeEduaction

Kafein oh Kafein

Tahukah Sahabat Baik, menurut American Academy of Sleep Medicine, jumlah waktu yang dimiliki kafein untuk bekerja di dalam tubuh kita itu sekitar lima jam. Meski demikian, durasi waktu ini dapat dipengaruhi oleh usia, kondisi medis dan interaksi obat yang tengah dikonsumsi.

 

Efek dari kafein sendiri mencapai puncaknya sekitar 30 menit hingga 60 menit setelah dikonsumsi. Bila kita rasakan, efek kopi memang tidak langsung bekerja, tapi membutuhkan waktu untuk masuk ke dalam aliran darah dan memengaruhi metabolisme tubuh.  Selain mempengaruhi kerja otak, kafein dalam kopi juga dapat memberikan efek lain pada tubuh. Kafein dapat menyebabkan kontraksi awal dinding arteri, namun kemudian otot polos akan melemas. Hal ini akan membuka pembuluh darah, sehingga memungkinkan aliran darah yang lebih deras.

 

Hal tersebutlah yang kemudian membuat pikiran kita lebih fokus dan merasa lebih bersemangat setelah minum kopi. Meski demikian, American Academy of Sleep Medicine merekomendasikan agar  tidak mengonsumsi kopi sekitar enam jam sebelum tidur. Jadi, bila kita tidur pukul 21.00, sebaiknya terakhir minum kopi pada pukul 15.00.

 

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0