Kenalan Sama La Nina dan Persiapan Menghadapinya

HomeEduaction

Kenalan Sama La Nina dan Persiapan Menghadapinya

Sahabat Baik, bulan Oktober ini ada yang akan bertandang ke Indonesia. Namanya La Nina. Tenang, dia bukan sejenis virus, apalagi saudaranya corona. Nah, biar tahu lebih jelas, kita kenalan yuk sama La Nina!

 

La Nina adalah fenomena alam yang menyebabkan curah hujan berlebihan di suatu kawasan. Hingga akhir tahun 2020, fenomena ini akan terjadi secara merata di seluruh Indonesia, kecuali wilayah Sumatra. La Nina diprediksi mencapai puncaknya pada bulan Desember mendatang. Meski demikian, puncak musim hujan di Indonesia diprediksi baru akan terjadi pada bulan Januari-Februari 2021.

 

Presiden Jokowi sendiri sudah memerintahkan jajarannya untuk mewaspadai adanya kemungkinan bencana hidrometeorologis yang merupakan dampak dari La Nina ini. Bencana tersebut dapat berupa banjir dan tanah longsor.

 

La Nina sejatinya adalah anomali iklim di mana terjadi pendinginan yang tidak biasa dengan suhu mencapai 0,5 derajat celcius. La Nina juga memiliki “kembaran” bernama El Nino. Jika La Nina mengakibatkan meningkatnya curah hujan, El Nino kebalikannya, mendatangkan kemarau panjang.

La Nina Oktober

 

Nah Sahabat baik, kita juga perlu mempersiapkan diri nih untuk ketemu sama si La Nina. Apa sajakah yang perlu kita siapkan? Simak berikut ini:

1. Menjaga daya tahan tubuh
Pada musim penghujan tubuh akan lebih mudah terserang flu karena cuaca yang memang lebih dingin. Ingat Sob, corona juga masih mengintai kita. Karenanya untuk menghalau kedua penyakit tersebut daya tahan tubuh kita harus kuat. Caranya mudah, cukup dengan makan makanan bergizi, cukup istirahat, minum suplemen, rajin minum air putih, dan sempatkan olahraga meski hanya 10 menit per hari.

2. Jangan kedinginan
Flu akan mudah masuk saat kita kedinginan. Karenanya pastikan tubuh kalian selalu hangat ya Sob. Pakai baju hangat lebih diutamakan. Juga, kurangi konsumsi air dingin dan es ya! Minum air putih hangat sangat banyak manfaatnya untuk tubuh kita, lho! Kamu juga bisa menghangatkan tubuh dengan wedang jahe atau air jeruk hangat yang kaya manfaat juga.

3. Selalu sedia payung
Terakhir sebagai langkah antisipasi, sedia payung jika keluar rumah. Bagi kamu pengendara motor jangan lupa juga siapkan jas hujan. Eit, masker dan hand sanitizer jangan ketinggalan ya!

Demikianlah kenalan singkat kita dengan La Nina dan apa saja yang harus kita persiapkan untuk menghadapinya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya! Ingat, kesehatan kita yang paling utama. Sehat-sehat selalu ya, semua!

 

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0