Kenapa Harus Salat Malam?

HomeEduaction

Kenapa Harus Salat Malam?

“Dan pada sebagian malam hari shalat tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Rabb-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.” (Q.S. Al Isra’: 79).

 

Tahukah Sahabat Baik Allah Swt. menjanjikan begitu banyak balasan bagi kita yang bersujud di malam hari. Lalu, kenapa sih kita harus Salat Malam? Setidaknya ada lima alasan yang dapat memotivasi kita untuk menunaikan salat di malam hari.

 

  1. Pahalanya melimpah

Allah menjanjikan pahala yang luar biasa, lebih besar dari dunia seisinya, sehingga sampai-sampai seorang yang secara konsisten melakukan shalat malam, sangat patut untuk dicemburui. Allah juga menjanjikan akan mengelompokkan mereka yang menjaga shalat malam kelak di akhirat bersama golongan mukhsinin yang berhak mendapat rahmat Allah dan Jannah. Dan Allah juga menjanjikan ruang-ruang di surga khusus bagi mereka yang terjaga shalat malamnya.

 

  1. Mulia di Mata Allah

Allah akan memuliakan mereka yang taat beribadah di malam hari, dan akan dibedakan dengan yang ingkar. Dalam Q.S. Az Zumar: 9  “(Apakah kamu hai orang-orang musyrik yang lebih beruntung) ataukah orang yang beribadah di waktu-waktu malam dengan sujud dan berdiri, sedang ia takut kepada (adzab) akherat dan mengharapkan rahmat Rabbnya. Katakanlah: “Adakah sama orang-orang yang mengetahui dengan orang-orang yang tidak mengetahui.” Sesungguhnya orang yang berakallah yang dapat menerima pelajaran”.

 

  1. Ittiba’ Rasul

Sebagai umat Rasulullah Muhammad saw., maka sudah semestinya kita ittiba’, mengikuti apa yang beliau tuntunkan kepada kita. Dalam sebuah Riawayat Aisyah bahwasanya Nabi selalu mengerjakan salat malam sehingga bengkak kedua tapak kaki beliau. Aisyah berkata: “Mengapa engkau melakukannya wahai Rasulullah, bukankah Allah Swt. telah mengampuni dosa-dosamu yang lalu maupun yang akan datang?” Maka beliau menjawab: “Bukankah lebih baik bila aku menjadi hamba yang bersyukur”.

 

  1. Dosa kita akan dihapuskan

Salat malam bisa menjadi wasilah penghapus dosa yang kita sadari atau tidak kita sadari. Rasulullah bersabda, “Kerjakanlah salat malam, karena ia merupakan kebiasaan orang-orang salih sebelum kalian, qurbah (pendekatan diri) kepada Rabb kalian, penutup kesalahan-kesalahan dan penghapus dosa-dosa.” (H.R. Abu Umamah)

 

  1. yang utama setelah salat lima waktu

Rasulullah saw.. menjelaskan bahwa saalat yang paling utama setelah salat fardu adalah salat malam. “Seutama-utama puasa sesudah Ramadan adalah puasa pada bulan Muharam, dan seutama-utama salat sesudah salat fardu adalah salat malam.” (H.R. Abu Hurairah).

 

MasyaAllah, yuk segera pasang alarm kita supaya bisa bangun untuk salat malam Sahabat Baik

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0