Kiwari Kudu Hati-Hati Sahabat Baik

HomeEduaction

Kiwari Kudu Hati-Hati Sahabat Baik

Saat pandemi begini pilihan berbelanja daring alias online menjadi pilihan paling tepat, baik melalui Instagram atau marketplace lain semua menawarkan pengalaman mengasyikkan. Sayangnya penjual nakal bertebaran di mana-mana. Alih-alih bahagia, kita malah dirugikannya, hmm kudu lebih waspada nih. Supaya Sahabat Baik tak tertipu yuk baca ciri penipu di Instagram yang perlu Sahabat Baik ketahui:

 

  1. Foto di Feed Hasil Colongan

Jika Sahabat Baik perhatikan banyak sekali penipu yang menampilkan foto dari selebgram atau artis, biasanya foto tersebut diambil tanpa izin orang bersangkutan. Karena jika foto asli maka sang artis akan menandai akun penjual di Feed Instagramnya.

 

  1. Harga Tak Masuk Akal

Siapa coba yang tak tergiur harga miring? Kalau sudah begitu coba dicek lagi antara harga toko, harga di marketplace, dan harga di toko resmi daring; jika harganya berbeda hingga 70 persen, dapat dipastikan itu penipu.

 

  1. Followers Palsu

Akun penjual berkedok penipuan biasanya memiliki jumlah pengikut hingga ratusan ribu, hanya saja jumlah likes di setiap foto malah sedikit. Jika Sahabat Baik perhatikan rata-rata pengikutnya adalah followers random alias bot.

 

  1. Yah Gak Bisa Komen

Tentu saja karena mereka selalu mematikan kolom komen atau membatasi jumlah komen yang masuk. Gunanya agar pembeli yang tertipu tak dapat meninggalkan jejak komentar jelek atau komplain di lapaknya. Apabila Sahabat Baik akun tanpa kolom komentar sebaiknya segera block.

 

5. Testimoni dan Bukti Bayar Palsu

Mudah sekali menemukan testimoni di laman feed-nya, tapi rata-rata merupakan hasil screenshot-an dari akun pedagang lain, pun untuk urusan testimoni biasanya dibuat khusus di aplikasi pihak ketiga.

 

  1. Laman Web Abal-Abal

Cek bio Instagramnya ya Sahabat Baik, jika akun ini asli maka kita dengan mudah menemukan laman web resmi atau tautan ke market place lain, bukan malah ke laman blogspot atau wordpress.

 

Semoga enam ciri di atas dapat membantu Sahabat Baik berbelanja dengan aman.

 

 

 

 

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0