Lima Langkah Atasi Gugup Saat Presentasi

HomeEduaction

Lima Langkah Atasi Gugup Saat Presentasi

 

Sahabat Baik pernah merasa gugup ketika berada di hadapan orang banyak untuk melakukan presentasi? Jangan khawatir itu wajar kok, rasa gugup biasanya muncul karena adanya kekhawatiran pada pikiran kita.

 

Tapi ternyata semua Itu hanya masalah mindset kita saja Sahabat Baik, melansir duniakaryawan.com kami punya tujuh cara jitu cegah rasa gugup saat tampil dihadapan banyak orangyang dilansir rena semuanya hanyalah dugaan semata. Belum menjadi fakta yang nyata.

 

1. Lakukan Persiapan Secara Matang

Kecemasan dan kekhawatiran yang muncul sebelum melakukan presentasi biasanya buah dari persiapan yang minim. Karena itu, menguasai materi semaksimal mungkin menjadi syarat yang tidak bisa ditolak. Anda juga harus bisa melihat sejumlah kemungkinan melebarnya materi yang Anda bawakan.

Lakukan juga persiapan teknis lebih matang. Cek semua peralatan presentasi seperti  laptop, file presentasi, materi pelengkap, laser pointer, wireless mic, remote clicker, hingga air minum.

 

2. Atur Napas

Saat mulai gugup, jantung akan berdetak lebih cepat. Keringat dingin pun perlahan mulai mengucur. Untuk mengatasinya, cobalah tarik napas dalam-dalam melalui hidung. Lalu keluarkan kembali melalui hidung secara perlahan. Lakukan hal ini sekitar 5-6 kali hingga merasa lebih tenang.

Setelah itu jangan langsung berbicara. Ada baiknya Sahabat Baik menatap mereka yang hadir selama 1-2 detik sambil tersenyum, baru melanjutkan presentasi. Sebelum maupun ketika melakukan presentasi, pola pengaturan napas akan membantu kita lebih rileks.

Oksigen yang masuk ke otak akan lebih lancar.  Sehingga kita bisa berpikir dengan jernih dan tenang.

 

3. High Power Poses

Datanglah lebih awal ke ruang presentasi. Selain melakukan pengecekan terhadap peralatan pendukung presentasi, Sahabat Baik bisa punya waktu untuk menenangkan pikiran. Salah satunya adalah duduk dengan teknik High Power Poses.

Secara gampangnya, High Power Poses adalah posisi badan seseorang yang menunjukkan keyakinan dan kepercayaan diri. Seperti berdiri tegak dengan tatapan penuh keyakinan dan senyuman. Saat duduk, posisi punggung menempel pada sandaran dengan tangan yang lebih terbuka. Posisi ini terkesan sepele, padahal punya peran cukup besar dalam membentuk rasa percaya diri dan membuang rasa gugup.

Menurut Amy Cuddy, associated professor Harvard Business School, sikap tubuh saat duduk ataupun berdiri dapat mengubah perasaan yang ada di dalam diri kita. Saat kita mampu menjaga High Power Poses ini selama dua menit saja, otomatis tingkat gugup atau stress akan berkurang. Teknik ini mampu meningkatkan testosteron sebanyak 20% dan penurunan kortisol atau hormon stress sekitar 25%.

 

4. Fokus pada Presentasi

Sahabat Baik pasti akan mengalami gangguan saat tengah melakukan presentasi dan dituntut untuk tetap fokus dengan materi yang disiapkan.

Untuk membantu kita tetap fokus pada materi presentasi, Sahabat Baik bisa membuat  “contekan” berisi poin-poin penting yang ditulis dalam secarik kertas atau pada layar komputer tablet. Bukan pada laptop yang menyimpan file presentasi. Ketika lupa langsung intip contekan tersebut jadi presentasi tetap sesuai dengan yang direncanakan.

 

5. Maksimalkan Bahasa Tubuh

Bahasa tubuh yang tepat bisa membantu untuk mengatasi kegugupan lho Sahabat Baik. Saat menyampaikan materi, gerakan tangan dan tubuh kita ikut berperan agar audiens mengerti apa yang ingin kita sampaikan.

Ternyata, dengan menggerakan tangan dan tubuh sesuai dengan paparan yang kita sampaikan hal tersebut ikut membantu mengurangi rasa gugup.

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0