Makan Juga Harus Pakai Adab

HomeEduaction

Makan Juga Harus Pakai Adab

Sahabat Baik, Rasulullah Muhammad shalallahu ‘alaihi wassalam adalah teladan yang sempurna. Karenanya, tidak hanya mengikuti ajarannya saja, kita juga diharapkan mampu meneladani perilaku Nabi nan agung ini. Salah satunya adalah bagaimana adab Nabi saat makan. Seperti apakah itu? Simak berikut ini ya!

Segala hal yang dilakukan Nabi tidak beliau lakukan hanya karena iseng atau ketidaksengajaan. Allah telah memberikan petunjuk kepada Rasulullah sehingga kebiasaan yang beliau lakukan pastilah ada keutamaan dan manfaat dibaliknya. Disarikan dari berbagai sumber, berikut ini adalah adab dan pola makan Rasulullah:

  1. Memulai dengan basmalah

Rasulullah bersabda seperti yang diriwayatkan oleh Hudzaifah, “Sungguh, setan menghalalkan makanan yang tidak disebutkan nama Allah padanya.” Itulah mengapa kita harus mengucapkan basmalah terlebih dahulu sebelum makan.

 

  1. Makan dengan tenang

Cara ini akan menghindarkan kita dari tersedak dan tergigit. Dengan cara itu pula makanan bisa dicerna dengan lebih baik sehingga organ pencernaan bisa berfungsi dengan prima. Organ pencernaan akan kesulitan mencerna makanan yang tidak halus dikunyah. Jika hal ini terjadi berulang-ulang dan dalam waktu lama bisa menyebabkan kanker usus besar.

 

  1. Makan sebelum lapar dan berhenti makan sebelum kenyang

Kapasitas perut kita terbagi menjadi tiga bagian. Sepertiga bagian untuk makanan (zat padat), sepertiga lagi untuk minuman (zat cair), dan sepertiga terakhir untuk udara (gas). Makan sebelum makan dan berhenti sebelum kenyang dapat mempertahankan tiga komposisi tersebut dengan tepat.

 

  1. Makan dengan tangan kanan

Hal ini agar kita tidak mengikuti perilaku setan. Diriwayatkan oleh Muslim, Rasulullah bersabda, “Jika seseorang di antara kalian makan, hendaknya ia makan dengan tangan kanannya. Jika minum, hendaknya juga minum dengan tangan kanannya. Karena setan makan dengan tangan kiri dan minum dengan tangan kirinya pula”.

 

  1. Makan dari pinggir

Bersabda Rasulullah seperti yang diriwayatkan dari Ibnu ‘Abbas, “Barokah itu turun di tengah-tengah makanan, maka mulailah makan dari pinggirnya dan jangan memulai dari tengahnya”.

 

  1. Makan tidak dengan bersandar

Yang dimaksud tegak di sini adalah makan dengan tidak sambil bersandar. Rasulullah bersabda, “Aku tidak akan makan sambil mutakki (bersandar),” (HR. Bukhari). Ada beberapa penafsiran terkait “bersandar” ini, di antaranya, duduk bersila, bersandar kepada sesuatu, atau telentang dengan posisi miring.

 

  1. Menjilat tangan

Dari Jabir, Rasulullah bersabda, “Janganlah dia sapu tangannya dengan serbet sebelum dia jilati jarinya. Karena dia tidak tahu makanan mana yang membawa berkah.” Kebiasaan ini juga ternyata memiliki faedah dari sisi medis. Diungkapkan oleh dr. Charles Gerba dari University of Arizona, Amerika Serikat, bahwa ternyata di sela-sela jari manusia mengandung enzim Rnase. Enzim tersebut berfungsi mengikat bakteri sehingga mampu menekan aktivitas bakteri saat masuk bersama makanan. Selain itu enzim ini juga bermanfaat sebagai penguat kekebalan tubuh.

 

Nah, sekarang sudah paham kan bagaimana adab makan yang baik ala Rasulullah?! Yuk Sahabat Baik, kita praktikkan! Semoga Allah memberi berkah. Aamiin.

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0