Mantapnya Puasa yang Perlu Sahabat Baik Ketahui

HomeIslamiEduaction

Mantapnya Puasa yang Perlu Sahabat Baik Ketahui

Teruntuk Sahabat Baik yang esok akan melakukan Puasa Senin Kamis, kami ucapkan tetap semangat dan tetap lanjutkan kebaikannya, karena menurut penelitian secara psikis puasa dapat menanggulangi stres dan depresi untuk beberapa orang karena mereka belajar untuk mengendalikan diri. Selain itu, dengan berpuasa tubuh akan mengalami peningkatan endorfin dalam darah yang memberikan perasaan sehat secara mental.   Selain uraian di atas masih banyak manfaat puasa untuk kesehatan fisik seperti berikut ini.    

 

  • Membantu memperbaiki kondisi medis

Berpuasa, diiringi dengan pola makan yang sehat sebelum dan sesudahnya, dapat membantu memperbaiki kondisi radang sendi, radang usus besar, dan penyakit kulit seperti eksim dan psoriasis.    

 

  • Menyehatkan jantung

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mereka yang berpuasa sebulan sekali memiliki risiko 58 persen lebih rendah terkena penyakit jantung, dibandingkan mereka yang tidak menjalani puasa.      

 

  • Mengurangi risiko kanker.

Selama berpuasa, laju pembelahan sel dalam tubuh akan berkurang seiring faktor pertumbuhan yang menurun akibat terbatasnya asupan. Meski masih perlu diteliti lebih lanjut membuktikan bahwa hal ini mampu mengurangi risiko kanker. Namun, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui apakah kondisi tersebut berlaku pada manusia.  

 

  • Menjaga berat badan

Penting untuk tetap mengendalikan makan pada saat tidak berpuasa, jangan lupa untuk mengonsumsi makanan yang mengandung cukup energi seperti serat, protein, karbohidrat dan lemak dalam jumlah yang seimbang. Pola makan yang sehat dan seimbang, serta asupan cairan yang cukup akan membantu menjaga berat badan.      

 

  • Puasa Memperbaiki Sensitivitas Insulin

Puasa telah terbukti memiliki efek positif pada sensitivitas insulin, yang memungkinkan tubuh untuk mentolerir karbohidrat (gula) lebih baik daripada jika tidak berpuasa. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa setelah berpuasa, insulin menjadi lebih efektif dalam memberitahu sel untuk mengolah glukosa dalam darah.    

 

  • Puasa Mempercepat Metabolisme

Puasa memberi waktu istirahat bagi sistem pencernaan. Dengan berpuasa tubuh kita dapat mengatur proses pencernaan dan meningkatkan fungsi usus secara lebih baik. Hal ini akan meningkatkan fungsi metabolisme dalam tubuh.    

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0