Mengenal ‘Mental Illness’ Mengenal Manusia Lebih Baik

HomeEduaction

Mengenal ‘Mental Illness’ Mengenal Manusia Lebih Baik

Sahabat Baik, kita semua terlahir sehat secara jasmani dan rohani, hanya saja seiring berjalannya waktu banyak hal terjadi dan membuat keduanya berubah. Disadari atau tidak, perubahan keduanya sering mengubah kondisi kesehatan mental seseorang yang akhirnya mempengaruhi pikiran, perasaaan, dan perilaku. Sebab itulah penting sekali berkenalan dengan masalah kesehatan mental supaya kita bisa lebih mawas diri dan bisa membantu jika ada teman atau kerabat yang memiliki kondisi seperti di bawah ini.

 

  1. Anxiety Disorder (Gangguan kecemasan)

Anxiety Disorder adalah gangguan mental yang ditandai dengan ketakutan dan kecemasan yang tidak wajar. Beberapa penelitian belum diketahui penyebab gangguan ini, diduga karena faktor perubahan pada otak dan stres dari lingkungan.

 

  1. Obsessive Compulsive Disorder (OCD)

Obsessive compulsive disorder (OCD) adalah salah satu jenis gangguan kepribadian yang ditandai dengan kecemasan dan perilaku berulang (kompulsi). Tiga ciri OCD antara lain menyukai keteraturan, takut kotor, serta takut salah dan disalahkan.

 

  1. Bipolar

Gangguan bipolar adalah kondisi seseorang yang mengalami perubahan suasana hati secara fluktuatif dan drastis, misalnya tiba-tiba menjadi sangat bahagia dari yang sebelumnya murung. Orang yang mengalami gangguan ini disebabkan oleh beberapa faktor, seperti depresi berat, trauma, dan kecanduan alkohol atau obat terlarang.

 

  1. Skizofrenia

Skizofrenia adalah gangguan kejiwaan kronis ketika pengidapnya mengalami halusinasi, delusi, dan juga menunjukan perubahan sikap. Gangguan ini bisa disebabkan karena faktor genetik atau faktor kimia pada otak. Otak mengalami ketidakseimbangan kadar hormon serotinin dan dopamin.

 

Dengan mengenal kesehatan mental seseorang maka Sahabat Baik sudah berusaha untuk mengenal manusia lebih baik. Karena masalah ini nyata.

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0