Menghafal Al-Qur’an dengan Mudah dan Cepat Bagi Pemula

HomeNews

Menghafal Al-Qur’an dengan Mudah dan Cepat Bagi Pemula

Bisa menghafal Al-Qur’an adalah keinginan sebagian besar umat Islam. Meski begitu, menghafal Al-Qur’an ternyata bukan perkara mudah bagi sebagian orang.

Meski sudah mencoba berkali-kali, ayat-ayat Al-Qur’an belum juga tertanam dalam ingatan. Imam Syafi’i saja pernah mengalami kesulitan dalam menghafal Al-Qur’an. Padahal, Imam Syafi’i menggunakan berbagai cara menghafal Al-Qur’an sejak berusia 7 tahun.

Pengalaman Imam Syafi’i dapat ditemukan dalam kitab I’anatuth Tholibin.

” Aku pernah mengadukan kepada Waki’ (guru) tentang jeleknya hafalanku. Lalu beliau mengatakan untuk meninggalkan maksiat. Beliau memberitahukan padaku bahwa ilmu adalah cahaya, dan cahaya Allah tidaklah mungkin diberikan pada ahli maksiat.”

Bisa jadi, apa yang dialami Imam Syafi’i sebenarnya terjadi pada kita. Karena, dosa yang kecil saja bisa menjadi penghalang untuk menghafal Al-Qur’an.

Selain itu, Allah menjamin bahwa ayat-ayat Al-Qur’an mudah dipelajari. Jadi, jika kamu mengalami kesulitan, mungkin cara menghafal Al-Qur’an kamu yang harus diubah.

Berikut tips cara menghafal Al-Qur’an 30 juz dengan mudah dan cepat bagi pemula.

1. Meluruskan Niat dengan Ikhlas karena Allah

Niat yang benar itu merupakan salah satu syarat cara menghafal Al-Qur’an. Jika niatnya salah seperti ada riya (pamer), ujub (bangga pada diri sendiri), atau menghafal karena ingin dipanggil ‘al-hafidz, maka itu sangat fatal akibatnya. Dengan niat yang lurus dan hati ikhlas karena Allah maka rasa lelah, malas, dan perasaan sulit tidak akan jadi penghalang dalam menghafal Al-Qur’an.

2. Melaksanakan Salat Hajat

Tips cara menghafal Al-Qur’an dengan mudah selanjutnya adalah melaksanakan sholat hajat. Jadi, setelah menata niat karena mengharap ridho dan pahala Allah, hendaknya kita melaksanakan sholat hajat sebelum mulai menghafal Al-Qur’an dengan cepat dan benar. Mohon kepada Allah agar mudah saat proses menghafal Al-Qur’an. Karena pemilik Al-Qur’an adalah Allah, maka kita memohon kepada pemiliknya agar diberi kemudahan.

3. Menanamkan Keyakinan

Tanamkanlah pada diri kita bahwa menghafal Al-Qur’an itu sangat mudah, maka kita akan merasa mudah. Namun jika kita menanamkan pikiran bahwa menghafal Al-Qur’an itu sulit, maka ia akan terasa sulit. Jadi, selalu motivasi diri sendiri agar tumbuh keyakinan bahwa cara menghafal Al-Qur’an yang kita lakukan itu mudah.

4. Mengakrabkan Diri dengan Al-Qur’an

Akrab dengan Al-Qur’an merupakan salah satu cara menghafal Al-Qur’an dengan mudah dan cepat yang paling ampuh. Jangan pikirkan metode menghafal Al-Qur’an yang ribet terlebih dahulu. Tapi pikirkanlah bagaimana caranya mulai hari ini saya bisa membaca 5 juz per hari atau hari ini harus hafal 1 ayat per hari.

5. Memperbaiki Bacaan

Sebelum mulai menghafal Al-Qur’an dengan mudah, kita sebaiknya memperbaiki bacaan. Hal ini perlu agar kita terhindar dari salah baca dan membuat kekeliruan. Menghafal Al-Qur’an memang mempunyai keutamaan yang banyak, tapi kalau cara membaca Al-Qur’an masih banyak yang keliru, bisa membuat pahala berkurang.

6. Menggunakan Satu Jenis Mushaf Al-Qur’an

Karena struktur dan tampilan halaman Al-Qur’an terkadang berbeda-beda tiap penerbit, pastikan menghafal dengan mushaf yang sama sampai selecek-leceknya. Analogi menghafal Al-Qur’an itu sebenarnya mirip dengan merekam gambar ke dalam memori. Sehingga bentuk mushaf itu akan memengaruhi struktur hafalan kita di memori otak.

7. Murojaah (Baca Berulang-ulang)

Semakin sering mengulangi satu ayat, akan lebih mudah ayat tersebut melekat di dalam ingatan kita. Jadi, jangan sampai karena sudah merasa hafal beberapa halaman, kita tinggal hafalan tersebut tanpa mengulanginya dalam waktu yang lama. Hal ini akan menyebabkan hilangnya hafalan tersebut.

8. Pasang Target Menghafal Al-Qur’an

Terkadang, di tengah menghafal Al-Qur’an, kita biasanya mengalami kendala seperti susah masuk atau hafalan yang sudah dihafal lupa lagi. Kalau sudah begitu, semangat kita  biasanya akan berkurang. Sehingga kita merasa bahwa Al-Qur’an susah untuk dihafalkan. Agar kita tidak patah semangat, kita harus pasang target dalam menghafal Al-Qur’an.

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0