Menghitung Perkalian 5 dengan Cepat

HomeEduaction

Menghitung Perkalian 5 dengan Cepat

Sahabat Baik, yuk kita kembali belajar perkalian! Pada postingan sebelumnya kami sudah menyampaikan trik perkalian 9 dan 11. Nah, kali ini kita akan belajar trik cepat untuk menghitung perkalian 5. Simak penjelasannya di bawah ini ya!

 

Bagi kita orang dewasa, mengalikan angka 5 sudah bukan masalah, namun bagi anak-anak yang sedang belajar perkalian dibutuhkan perjuangan tersendiri untuk menyelesaikannya. Untuk membantu mereka, berikut adalah cara cepat untuk menghitung perkalian 5:

  • Tutup kesepuluh jari tangan membentuk kepalan. Tangan kiri untuk menghitung perkalian 5 dengan angka ganjil. Tangan kanan untuk mengalikan angka 5 dengan angka genap
  • Cara menghitung perkaliannya adalah dengan membuka satu per satu jari, dimulai dari tangan kiri. Setiap jari bernilai 5. Setiap dua jari yang berhadapan, disatukan membentuk gunung dan dihitung 10. Contoh: jari telunjuk kiri dengan telunjuk kanan berhadapan, disatukan membentuk gunung, dan dihitung 10. Jari yang tidak berpasangan tetap dihitung 5
  • Hasil perkalian adalah dengan menghitung berapa jari yang tegak

 

Sekarang coba kita kerjakan soalnya ya …

Contoh soal:

5×5=?

Cara menghitungnya, buka satu per satu jari, dimulai dari jari jempol tangan kiri, kemudian diikuti jari jempol tangan kanan. Demikian seterusnya dengan berselang-seling, sambil mulut berhitung sejumlah angka yang dikalikan. Tiap angka ganjil yang terbuka adalah tangan kiri, angka genap tangan kanan.

Dengan demikian, untuk 5×5:

Satu  jempol kiri, Dua  jempol kanan, kemudian kedua jempol disatukan membentuk gunung.

Tiga  telunjuk kiri, Empat  telunjuk kanan, berikutnya sama seperti jari jempol.

Lima  jari tengah kiri

Kemudian dihitung, jari yang membentuk gunung ada 2, berarti 20. Jari yang belum ada pasangannya ada satu, berarti 5. Jadi 20+5=25.

5×5, hasilnya adalah 25.

 

Nah, mudah sekali bukan? Sekarang Sahabat bisa mengajari anak, keponakan, murid, sepupu, juga anak-anak kecil di sekitar rumah tentang trik cepat ini. Bisa juga jadi modal untuk membuat proses belajar menjadi lebih menyenangkan, lho! Selamat mencoba!

 

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0