Metabolisme Prima dengan Cara Ini

HomeTips n Trik

Metabolisme Prima dengan Cara Ini

Sahabat Baik, Allah Maha Besar telah menciptakan tubuh kita dengan sempurna. Seperangkat organ telah Allah siapkan sebagai mesin menjalankan mekanisme tubuh kita. Namun tahukah Sahabat Baik, ternyata organ tubuh kita punya jam kerjanya masing-masing, lho! Kita perlu memperhatikan jam kerja ini agar metabolisme tubuh kita dapat berlangsung dengan prima. Kapan sajakah jam kerja masing-masing organ tersebut? Simak uraian berikut ini!

 

Dilansir dari Kompas, menurut ilmu pengobatan Tiongkok, jam kerja organ tubuh kita adalah sebagai berikut:

 

Hati atau Liver

Organ ini bekerja pada pukul 23.00-03.00. Pada waktu tersebut hati membuang semua racun hasil metabolisme dan melakukan regenerasi sel-sel pada organnya. Karenanya sangat disarankan pada waktu tersebut kita dapat beristirahat.

 

Paru-Paru

Selanjutnya pada pukul 03.00-05.00 shift berikutnya adalah paru-paru. Organ tersebut juga membuang racun pada waktu tersebut. Karenanya kadang kita terbatuk-batuk atau bersin-bersin pada jam itu.

 

Usus Besar

Giliran kerja berikutnya pada jam 05.00-07.00 adalah usus besar. Organ ini pun membuang racun pada jam tersebut. Karenanya, sebaiknya pada jam tersebut kita buang air besar.

 

Lambung

Giliran kerja selanjutnya adalah lambung, yaitu pada pukul 07.00-09.00. Lambung melakukan penyerapan makanan pada waktu tersebut. Pada jam kerja lambung ini sebaiknya kita membantunya dengan mengonsumsi sarapan penuh gizi.

 

Limpa

Limpa bekerja pada pukul 09.00-11.00, dengan mengirimkan hasil penyerapan lambung. Karenanya pada waktu ini biasanya kita akan merasa mengantuk dan lesu. Limpa juga memiliki shift malam yaitu pada 21.00-23.00, yaitu dengan membuang racun dan melakukan regenerasi sel.

 

Jantung

Jantung bekerja pada pukul 11.00-13.00. Pada saat jantung bekerja, kita disarankan untuk mengurangi aktivitas fisik yang berat. Juga, hindari panas yang berlebihan karena sifat jantung yang panas. Rasulullah sendiri melakukan tidur siang singkat pada jam ini.

 

Usus Kecil

Organ ini memiliki giliran kerja berikutnya setelah jantung, yaitu pada pukul 13.00-15.00. Usus kecil melakukan pemeliharaan keseimbangan cairan dalam tubuh, terutama untuk pengaturan dan penyaluran cairan tersebut.

 

Kandung Kemih

Pada pukul 15.00-17.00 merupakan jam kerja kandung kemih. Cairan sisa dari usus kecil akan masuk ke dalam kandung kemih yang kemudian akan mengeluarkannya dalam bentuk air kencing.

 

Ginjal

Ginjal bekerja pada pukul 17.00-19.00. Menurut pengobatan tradisional Tiongkok ginjal memiliki hubungan erat dengan pertumbuhan dan perkembangan otak dan sumsum tulang belakang. Karenanya pada waktu kerja ginjal ini akan sangat baik jika digunakan untuk belajar.

 

Selaput Jantung

Giliran kerja berikutnya pada pukul 19.00-21.00 adalah selaput jantung (pericardium). Karenanya pada jam ini kita disarankan untuk tidak lagi mengonsumsi makanan apa pun karena lambung sudah berhenti mengolah makanan.

 

Demikianlah Sahabat Baik sekalian, jam kerja dari organ-organ tubuh kita. Yuk kita bantu “mereka” untuk bekerja dengan optimal! Dengan begitu “mereka” akan membantu kita juga untuk terus sehat dan prima. Selamat mencoba!

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0