Pelajar dan Mahasiswa WAJIB Baca Ini!

HomeEduaction

Pelajar dan Mahasiswa WAJIB Baca Ini!

Seperti yang kita tahu jika saat ini pembelajaran daring dari rumah masih berlangsung, bahkan kabarnya akan dilaksanakan hingga tahun depan. Pembelajaran daring kerap kali membuat pelajar dan mahasiswa  begadang  mengerjakan tugas yang menumpuk, padahal jika lakukan terlalu sering bergadang akan mempengaruhi kesehatan tubuh. Ada banyak penyakit yang bisa datang karena kebiasaan tidur larut.

 

Mencegah kebiasaan buruk ini terus berlanjut ada baiknya menerapkan Sleep Hygiene agar tidur lebih berkualitas seperti yang dijelaskan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) di laman Instagram mereka. Sleep Hygiene atau pola tidur bersih akan membuat tidur lebih berkualitas. Pola tersebut nantinya akan membuat tubuh menjadi lebih sehat.

 

Kemudian bagaimana menerapkan Sleep Hygiene?

Buat Jadwal tidur

Butalah jadwal tidur agar pola tidur kita lebih teratur. Durasi tidur yang baik untuk orang dewasa berkisar antara tujuh hingga delapan jam per hari. Selama tidur, kita akan pulih dari kelelahan baik fisik maupun mental.

 

Jaga makan dan minum

Asupan makanan dan minuman juga berpengaruh pada kualitas tidur. Beberapa makanan dan minuman justru mengganggu tidur seseorang. Minuman mengandung soda dan nikotin bisa mempengaruhi tidur, begitu juga dengan rokok dan alkohol.

Hindari makan dan minum terlalu banyak sebelum tidur. Usahakan juga jangan tidur dalam keadaan lapar.

 

Perhatikan area dan kebersihan tempat tidur

Sebelum tidur, bersihkan tempat tidur agar tidur lebih nyaman. Pastikan juga kamar jauh dari kebisingan agar tidak terganggu. Matikan lampu sebelum tidur agar tidur lebih nyenyak. Jika memungkinkan pisahkan ruang belajar dengan kamar tidur.

Hal ini bisa membuat pikiran kita terhindar dari hal-hal selain tidur.

 

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0