Perlukah Sedekah di Hari Jumat?

HomeNewscampaign

Perlukah Sedekah di Hari Jumat?


Sahabat Baik pastilah sudah mengetahui keutamaan sedekah. Ya, ibadah harta ini memang sangat dianjurkan untuk dilakukan karena bisa mengikis kesenjangan antara si kaya dan si papa. Sedekah bisa berupa banyak bentuk, tergantung dari kesanggupan masing-masing individu. Sedekah juga dapat dilakukan kapan saja. Namun, ada satu hari yang utama untuk bersedekah. Kapankah itu? Hari Jumat. Mengapa demikian? Nah, simak alasannya berikut ini:

  1. Hari terbaik
    Rasulullah shalallahu alaihi wassalam bersabda, “Hari paling baik di mana matahari terbit pada hari itu adalah hari Jumat. Pada hari itu Adam diciptakan, dan pada hari itu Adam dimasukkan ke dalam surga, serta pada hari itu pula Adam dikeluarkan dari surga. Pada hari itu juga kiamat akan terjadi. Pada hari tersebut terdapat suatu waktu di mana tidaklah seorang mukmin salat menghadap kepada Allah mengharapkan kebaikan kecuali Allah akan mengabulkan permintaannya.” (HR. Muslim).

Karena merupakan hari terbaik, maka kaum muslimin dianjurkan untuk menambah amal saleh pada hari Jumat. Sedekah salah satunya.

  1. Kemuliaan sedekah akan dilipatgandakan
    Rasulullah menyampaikan dalam hadis beliau, “Dan sedekah pada hari itu lebih mulia dibanding hari-hari selainnya.” (Mauquf Shahih). Ibnu Qayyim pun menegaskan keutamaan bersedekah pada hari Jumat. Beliau menyampaikan, “Sesungguhnya sadaqah pada hari Jumat itu memiliki kelebihan dari hari-hari lainnya. Sadaqah pada hari itu dibandingkan hari-hari lainnya dalam sepekan, seperti shadaqah pada bulan Ramadhan jika dibandingkan dengan seluruh bulan lainnya.”
  2. Mendapat balasan 700 kali lipat
    Allah berfirman dalam Al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat 261 yang artinya, “Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipatgandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Mahaluas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.”

Sejatinya setiap saat Allah membalas sedekah kita dengan balasan demikian banyak. Namun, karena Jumat adalah hari terbaik maka kebaikannya pun juga akan bertambah jika kita bersedekah saat itu.


Lalu, apa saja sedekah yang bisa kita keluarkan pada hari yang terbaik ini? Jangan risau Sahabat Baik, sedekah tidak melulu harus berupa harta yang banyak. Sebagaimana hadis Nabi yang populer dan sering kita dengar, bahwa senyum adalah sedekah. Mempermudah urusan saudara kita juga adalah bentuk sedekah. Apalagi jika mempermudah saudara kita dalam hal menuntut ilmu, tentu akan menjadi kebaikan yang berlipat juga pahalanya.


Nah Sahabat Baik, tunggu apalagi? Mumpung hari Jumat, yuk keluarkan sedekah kita! Semoga Allah meridai dan menerima amal ibadah kita. Aamiin.

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0