Posisi Tidur Ideal Bikin Sehat. Sahabat Baik Pilih yang Mana?

HomeEduaction

Posisi Tidur Ideal Bikin Sehat. Sahabat Baik Pilih yang Mana?

 

 

 

Kalau sudah tidur dan ketemu guling kadang kita lupa posisi tidur mana yang nyaman dan sehat untuk tubuh kita. Pada umumnya kita disarankan tidur dengan posisi miring. Posisi tidur miring dapat mencegah sakit leher dan sakit punggung, mengurangi naiknya asam lambung, mengurangi dengkuran, dan bermanfaat bagi orang yang memiliki sleep apnea obstruktif (berhentinya napas sementara saat tidur).

 

 

Sebuah penelitian yang dimuat dalam The Journal of Clinical Gastroenterology melaporkan bahwa arah posisi tidur miring juga memiliki manfaat tertentu. Tidur miring ke sisi kanan dapat melindungi jantung dari posisi tertindih atau tertekan organ tubuh lainnya.. Sedangkan tidur miring ke sisi kiri dapat mengurangi refluks asam lambung.

 

 

Sebelum adanya penelitian di atas, berabad-abad lamanya Rasulullah telah menganjurkan umatnya untuk tidur posisi miring ke arah kanan lho Sahabat Baik. MasyaAllah kan? Dari dulu Rasul udah sepeduli itu sama kita semua. Nabi Muhammad saw. bersabda:

 

Berbaringlah di atas rusuk sebelah kananmu.” (HR Bukhari & Muslim).

 

Tidur dengan posisi miring ke kanan dapat mengurangi risiko gagal jantung. Sebab, ketika tidur menghadap kanan, jantung yang berada di bagian kiri tubuh berada di atas sehingga tidak tertindih oleh organ tubuh yang lain.

 

Nah kalau posisi tidur Sahabat Baik yang mana nih?

 

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0