Rahasia di Balik Larangan Minum Sambil Berdiri

HomeIslamiEduaction

Rahasia di Balik Larangan Minum Sambil Berdiri

Sahabat Baik, Rasulullah melarang kita untuk minum sambil berdiri. Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Muslim, Rasulullah bersabda, “Janganlah kalian minum sambil berdiri! Apabila kalian lupa, maka hendaknya ia muntahkan!” Sebagaimana diketahui, Baginda Nabi shalallahu ‘alaihi wassalam adalah teladan yang paripurna. Setiap yang beliau perintahkan untuk kita, berarti ada keutamaan di sana. Begitu pula jika beliau melarang kita melakukan sesuatu, berarti ada bahaya di sana.    

 

Berikut ini adalah alasan medis mengapa Rasulullah melarang kita minum sambil berdiri:  

 

  1. Air akan menabrak dinding usus

Dalam posisi duduk, makanan dan minuman akan melewati dinding usus kita dengan lembut dan perlahan-lahan. Sebaliknya, ketika kita berdiri maka makanan dan minuman akan masuk ke dalam perut kita dengan cepat sehingga dapat menabrak dinding usus. Jika hal ini terjadi secara berulang-ulang dalam waktu lama maka bisa menyebabkan usus melar dan jatuh. Hal ini diungkapkan oleh ilmuwan muslim, Dr. Abdurrazaq Al-Kailani seperti dikutip oleh islampos.com.    

 

  1. Bisa memicu detak mematikan pada jantung

Ilmuwan muslim lainnya, Dr. Ibrahim Al-Rawi, juga menilai minum sambil berdiri dapat membahayakan tubuh. Pasalnya, kondisi tersebut dapat menyebabkan refleksi syaraf oleh syaraf kelana, yaitu syaraf otak ke-10 yang banyak tersebar pada lapisan endotel usus. Jika terjadi secara tiba-tiba refleksi ini bisa menyebabkan disfungsi syaraf yang parah sehingga memicu detak mematikan pada jantung.  

 

  1. Memungkinkan terjadinya luka pada lambung

Hasil penelitian menyebutkan bahwa 95% luka pada lambung terjadi pada titik-titik di mana banyak terjadi benturan dari makanan dan minuman yang masuk. Hal ini banyak terjadi akibat posisi makan dan minum sambil berdiri.    

 

  1. Memicu terjadinya hiponatremia

Dalam posisi berdiri terdapat lebih banyak ruang dalam lambung kita. Kondisi inilah yang kemudian mendorong kita untuk minum lebih banyak juga. Karena cairan yang masuk ke dalam tubuh terlalu banyak sehingga menurunkan natrium dalam darah atau disebut dengan hiponatremia.    

 

  1. Memicu terbentuknya kristal pada ginjal

Kristal pada ginjal terbentuk karena terjadinya pengendapan di saluran kemih atau ureter. Kondisi ini berbahaya karena menghambat keluarnya air kencing. Pengendapan tersebut terjadi lantaran alat saring alami pada ginjal (sfringer) pada posisi menutup jika kita berdiri. Sfringer hanya akan terbuka saat kita minum sambil duduk sehingga mampu berfungsi optimal menyaring air yang masuk.      

 

 

Demikian Sahabat Baik, kadang kita menganggap adab minum sambil duduk adalah hal sepele sehingga sering diabaikan. Ternyata manfaatnya banyak sekali ya?! Nah, yuk lakukan dari sekarang! Budayakan minum sambil duduk atau berjongkok ya Sahabat Baik, agar tubuh kita sehat bugar selalu. Aamiin.    

 

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0