Rasulullah dan Delapan Dirham Miliknya

HomeIslamiEduaction

Rasulullah dan Delapan Dirham Miliknya

 

Sahabat Baik, sungguh Rasulullah shalallahu alaihi wassalam adalah teladan yang sempurna. Tidak hanya menyuruh kita untuk bersedekah, beliau juga melaksanakan sedekah terbaiknya. Ada satu kisah yang menceritakan itu, terkenal dengan Kisah 8 Dirham. Kisah ini menjadi populer karena dinyanyikan oleh Gita Gutawa lebih dari satu dekade lalu.

 

Dikisahkan, Rasulullah ingin membeli baju baru karena baju lamanya sudah kusam, usang, dan banyak tambalan. Baginda Nabi yang memilih hidup sangat sederhana ini hanya memiliki uang delapan dirham. Dengan nominal yang sangat kecil itu beliau pun melangkah menuju pasar.

Di tengah jalan, Rasul bertemu dengan seorang wanita budak sahaya. Ia menangis karena kehilangan uang empat dirham pemberian majikannya untuk belanja. Nabi yang lembut hatinya pun memberikan empat dirham kepada wanita itu. Kemudian beliau berjalan lagi.

 

Belum jauh beliau melangkah, ada seseorang memanggil beliau. “Ya Rasulullah, aku kelaparan. Tolonglah aku,” ratapnya. Nabi pun segera memberikan pada orang itu dua dirham miliknya. Dengan senyum beliau melanjutkan perjalanan ke pasar.
Sampai di pasar, beliau langsung mencari baju berharga dua dirham, sesuai jumlah sisa uang Nabi. Setelah mendapatkan baju yang beliau sukai, Nabi pun segera pulang ke rumah. Di tengah jalan, beliau bertemu seorang laki-laki tua tanpa busana. Tanpa pikir panjang beliau segera memberikan baju barunya kepada laki-laki tersebut.

 

Belum juga sampai rumah, beliau kembali bertemu si wanita budak sahaya yang kembali menangis. “Aku takut dimarahi majikanku, Ya Rasulullah. Karena kehilangan uang tadi aku jadi terlambat pulang,” ujarnya. Rasulullah pun mengantarkan sang budak wanita ke rumah majikannya dan menyatakan siap menanggung hukuman untuk wanita tersebut.

 

Alih-alih marah, sang majikan justru bahagia bukan kepalang karena kehadiran tamu seagung Nabi. Saat itu pula mereka memerdekakan budaknya. Rasulullah pun berjalan pulang dengan hati lapang, betapa uang sekecil delapan dirham miliknya telah memudahkan urusan banyak orang. Kebahagiaan yang didapat Rasulullah hari itu jauh lebih berharga dari baju baru yang ingin beliau dapatkan awalnya.

 

Nah Sahabat, ternyata tak perlu menunggu kaya dulu ya untuk bersedekah. Yuk, keluarkan sedekah terbaik kita! Semoga Allah memudahkan dan memberkahi semua urusan kita ya …

 

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0