Sahabat Baik Harus Tahu Cara Bantu Trauma Akibat OSPEK

HomeEduaction

Sahabat Baik Harus Tahu Cara Bantu Trauma Akibat OSPEK

Kemarin masyarakat Indonesia dikejutkan dengan viralnya video seorang mahasiswa baru dibentak-bentak senior diketika mengikuti aktivitas Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus (OSPEK) daring mahasiswa baru di sebuah kampus negeri di Surabaya, lantaran tak memakai ikat pinggang.


Sontak saja video ini menjadi viral lho Sahabat Baik, sebab sejak 2014 lalu Menristek mengeluarkan Keputusan Dirjen Dikti Tahun 2014 tentang Panduan Umum Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru dan Surat Edaran Dirjen Belmawa no.01/DJ-Belmawa/SE/VII/2015 yang salah satu poinnya berbunyi Penyelenggaraan PKKMB fokus kepada proses pendewasaan dan pembelajaran, tertib dan tidak ada kekerasan fisik atau mental.


Lalu kenapa sih OSPEK tak boleh ada kekerasan fisik dan mental? Beberapa diantaranya karena dapat merusak psikologis peserta, menimbulkan trauma, takut serta cemas bahkan depresi; di beberapa kasus hingga menimbulkan korban jiwa.


Nah kalau ternyata ada keluarga atau saudara atau tetangga Sahabat Baik trauma karena OSPEK ada lima hal dasar yang bisa kita lakukan nih:

1. Ajak ngobrol agar mereka bisa lebih tenang dan bisa mengeluarkan semua perasaan yang terpendam
2. Minta untuk menarik nafas panjang supaya tubuhnya lebih rileks
3. Pelan-pelan ajak mereka untuk bisa berdamai dengan trauma tersebut dengan catatan tetap diawasi ya Sahabat Baik, bisa dilakukan setelah salat sekaligus muhasabah diri
4. Nah dukungan dari orang terdekat sangat dibutuhkan, usahakan selalu ada untuk mereka
5. Jika cara di atas belum cukup jangan ragu untuk menemui psikolog klinis


Kami berharap, mudah-mudahan ke depannya pelaksanaan OSPEK bisa berjalan dengan nyaman, aman, dan penuh dengan kebahagiaan dan tidak ada peserta yang dirugikan atau trauma, karena OSPEK mestinya menjadi pengalaman berharga yang tidak bisa dilupakan.

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0