Salat di Rumah Kala Pandemi?

HomeEduaction

Salat di Rumah Kala Pandemi?

Saat ini beberapa daerah di Indonesia masih dalam kategori zona merah hingga akhirnya ada kebijakan untuk melaksanakan salat wajib dan Salat Jumat di rumah saja. Beberapa dari kita mungkin bingung apa boleh? Pahalanya bagaimana? Nah kali ini kami akan membahas tentang salat di rumah kala pandemi.

 

Beberapa bulan lalu Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan fatwa 14/2020 yang isinya membolehkan Muslim yang sehat untuk mengganti Salat Jumat dengan Salat Zuhur di rumah dan meninggalkan salat lima waktu, salat Tarawih, dan Salat Id di masjid atau tempat umum jika penyebaran wabah corona atau Covid-19 di daerahnya tidak terkendali. Fatwa ini kemudian diikuti berbagai kalangan di daerah dengan memperhatikan keadaan wabah setempat. Banyak masyarakat Muslim yang memutuskan salat lima waktu di rumah, termasuk Salat Zhuhur sebagai pengganti Salat Jumat agar penyebaran wabah corona di daerah mereka tidak meluas.

 

Ketika seorang Muslim menahan diri untuk tidak pergi ke masjid dalam situasi saat ini maka ia sedang menjaga nyawa Muslim lainnya dari kematian akibat wabah corona yang kian hari kian meningkat. Dengan demikian, pahala melakukannya pun besar di sisi Allah ta’ala.

Allah Swt. berfirman dalam al-Maidah ayat 32: “Dan barang siapa yang memelihara kehidupan seorang manusia maka seolah-olah dia telah memelihara kehidupan manusia semuanya”.

 

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0