Sedekah Terbaik Ialah Saat Ramadan

HomeEduaction

Sedekah Terbaik Ialah Saat Ramadan

 

Ramadan ialah saat yang paling tepat untuk bersedekah. Hanya di bulan ini pahala kebaikan dilipatgandakan. Diriwayatkan, Nabi Muhammad pernah ditanya tentang sedekah yang paling utama. Ketika itu beliau menjawab, “Sedekah yang paling utama adalah sedekah pada bulan Ramadan.” (H.R Al-Baihaqi).

Dalam riwayat lain, disebutkan Rasulullah saw. menjadi lebih dermawan ketika tiba pada bulan Ramadan, ketika beliau ditemui oleh Malaikat Jibril pada setiap malam untuk membaca dan mempelajari Al-Qur’an. Ketika ditemui Jibril, Rasulullah lebih dermawan daripada angin yang ditiupkan. Melihat keterangan di atas, bulan Ramadan menjadi waktu yang tepat bagi umat Islam memperbanyak sedekah seperti yang diajarkan oleh Nabi Muhammad.

Nabi bersabda, “Sesungguhnya di surga terdapat ruangan yang bagian luarnya dapat dilihat dari dalam dan bagian dalamnya dapat dilihat dari luar. Allah menghadiahkannya kepada orang yang berkata baik, bersedekah makanan, berpuasa, dan salat ketika kebanyakan manusia tidur.” (H.R. Tirmizi)

Keutamaan sedekah pada bulan Ramadan dapat didapatkan dengan mudah. Pada bulan ini, setan-setan dibelenggu, sesuai riwayat Nabi, “Jika datang bulan Ramadan, pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup dan setan-setan dibelenggu.” (H.R. Bukhari 3277) Selain itu, dengan menyediakan hidangan buka puasa, seseorang akan mendapatkan pahala orang-orang yang berpuasa tersebut. Diriwayatkan, “Orang yang memberikan hidangan berbuka puasa kepada orang lain yang berpuasa, ia akan mendapatkan pahala orang tersebut tanpa sedikit saja mengurangi pahalanya” (H.R. Tirmidzi ).

Jangan lupa bersedekah ya.

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0