Si Masjid Tertua di Kota Beijing

HomeEduaction

Si Masjid Tertua di Kota Beijing

Perkembangan Islam di seluruh dunia memang selalu membuat kita tercengang, salah satunya keberadaan Masjid Dongsindi Beijing, Tiongkok. Masjid Dongsi merupakan salah satu masjid tertua di pusat kota Beijing yang dibangun pada  1447 oleh Cheng Yu, seorang panglima militer pada masa pemerintahan Dinasti Ming (1368-1644). Pada 1450, oleh Kaisar Jingtai dari Dinasti Ming,  masjid ini diberi nama masjid Qingzhensi (yang berarti kemurnian dan kebenaran). Namun seiring berkembangnya zaman masjid ini lebih dikenal sebagai Masjid Dongsi, diambil dari nama jalan di mana masjid ini berada yaitu jalan Dongsi Selatan No.13, Distrik Dongcheng, Beijing.

 

Menurut Aris Heru Utomo, Pemerhati Hubungan Internasional, masjid yang berada di kawasan pemukiman padat di distrik Dongcheng dibangun dengan gaya arsitektur Tiongkok yang kental di mana seluruh bangunan yang terdapat di dalam komplek masjid didirikan dalam satu kesatuan yang mengutamakan tata ruang rumah pekarangan yang simetris berporos di tengah, menggunakan kayu sebagai bahan utama bangunan, dan penggunaan warna merah yang dominan.

 

Setiap Jumat Masjid Dongsi ramai didatangi umat muslim Beijing, sekitar dua ratus orang jamaah memadati aula masjid setiap minggunya. Selain digunakan untuk melaksanakan ibadah salat dan tempat kegiatan umat muslim seperti pernikahan, masjid Dongsi juga digunakan sebagai kantor asosiasi masyarakat Islam Beijing (Islamic Association of Beijing).

 

MasyaAllah, betapa besar kuasa Allah. Semoga kelak kita bisa berkunjung ke sana ya Sahabat Baik.

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0