STOP! Baca Al-Qur’An Kudu Perhatikan Hal Ini!

HomeEduaction

STOP! Baca Al-Qur’An Kudu Perhatikan Hal Ini!

Membaca Al-Qur’an memang sangat dianjuirkan karena menjadi salah satu bentuk ibadah yang dicintai Rasulullah. Oleh karena itu Sahabat Baik harus memperhatikan hal-hal penting di bawah ketika membaca Al-Qur’an bisa kita dapatkan.

 

  1. Kudu suci dan bersih

 

Al-Qur’an adalah kitab suci sehingga ketika membacanya kita harus dalam keadaan suci dan bersih, salah satu caranya dengan berwudu.

Selain berwudu, membersihkan mulut sebelum membaca Al-Qur’an juga sangat dianjurkan. Apalagi jika kita habis mengonsumsi makanan dengan bau yang menyengat dan mengganggu penciuman. Karenanya, sebelum tilawah ada baiknya kita menggosok gigi, bersiwak, atau berkumur dengan cairan pembersih mulut terlebih dahulu.

 

  1. Harus niat karena Allah

 

Niatkan diri membaca karena Allah semata, dengan demikian tiada sebab lain dari bacaan kita kecuali hanya mengharap rida Allah. Hal ini menjadi penting, karena rentan sekali hati kita tergoda untuk memesona orang lain dengan mengunggah kegiatan ibadah kita.

 

  1. Kudu menghadap kiblat

 

Kenapa harus menghadap kiblat? Karena kita akan lebih banyak mendapatkan kebaikan. Dengan duduk menghadap ke Baitullah, kita bisa menghadirkan kesan sedang menghadap Allah sambil membaca kalam-Nya.

 

  1. Mulakan dengan Bismillah

 

Kita dianjurkan untuk membaca Taawuz yang berarti doa meminta perlindungan dari godaan setan. Kemudian dilanjutkan dengan membaca Bismillah maka lebih sempurna perlindungan Allah untuk kita.

 

  1. Resapi -Tadaburi

Kita diharapkan dapat meresapi setiap kata dan kalimat sarat hikmah di dalam Al-Qur’an. Meresapi sambil membayangkan Allah mengatakannya langsung kepada kita, akan menambah kesejukan hati. Jangan lupa mentadaburi agar kita paham hikmah dan petunjuk yang diberikan Allah pada setiap surat dalam Al-Qur’an,

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0