Sulut Kreativitas Anak Pakai Cara Ini!

HomeEduaction

Sulut Kreativitas Anak Pakai Cara Ini!

Sahabat Baik, mengajarkan anak-anak membaca sering kali menjadi proses yang menantang baik bagi orang tua maupun guru. Karena diperlukan cara-cara kreatif agar belajar membaca menjadi menyenangkan. Metode “Semua Bicara” atau “Everything Speaks” dapat menjadi salah satu cara yang bisa dicoba.

 

Semua Bicara sebenarnya adalah metode membiasakan anak-anak membaca dengan memanfaatkan benda-benda di sekitar kita. Caranya adalah dengan menempelkan label nama dari benda-benda tersebut.

 

Nah agar menarik dan anak-anak terlibat aktif dalam proses tersebut, berikut adalah langkah-langkah yang dapat Sahabat sekalian lakukan:

  1. Sediakan kertas HVS, pensil, dan krayon (bisa juga dengan spidol atau pensil warna)
  2. Jika anak sudah mulai bisa menulis bisa dilibatkan ikut menulis, namun jika belum, mintalah mereka untuk ikut mewarnai nanti
  3. Tuliskan nama benda di dalam rumah Sahabat Baik. Pilihlah benda-benda yang mudah dilihat oleh anak-anak dan sering mereka akses atau gunakan. Upayakan untuk menuliskan dengan bentuk huruf yang jelas dan berukuran besar
  4. Ajak anak untuk mewarnai tulisan tersebut. Jika anak sudah bisa menggunakan gunting, arahkan mereka untuk memotongnya. Namun jika belum bisa, ajak mereka menempelkan isolasi bolak-balik (double tape)
  5. Tempelkan tulisan pada benda-benda yang sesuai. Ingatlah untuk menempelkan tulisan sejajar dengan level mata anak agar ia mudah membacanya
  6. Jangan lupa mengingatkan anak untuk “membaca” nama benda pada saat ia menggunakan atau mengaksesnya.

Cara tersebut juga bisa dipraktikkan di sekolah nanti saat pandemi sudah pergi. Pastinya akan menjadi aktivitas yang seru dan menyenangkan bagi anak-anak di masa-masa awal orientasi sekolah lagi. Guru bisa mengombinasikannya dengan permainan tebak-tebakan “Mana bendanya?” kemudian meminta anak-anak untuk menebak dan menempelkan label tulisannya.

 

Cukup mudah bukan, Sahabat Baik? Memang agak repot sih, tapi banyak manfaat yang bisa didapatkan. Satu hal yang pasti, anak-anak tidak akan merasa “terpaksa” karena mereka melihat tulisan itu setiap hari. Yuk, eksekusi segera!

 

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0