Susu Bikin Tumbuh Ke Atas?

HomeEduaction

Susu Bikin Tumbuh Ke Atas?

Sahabat Baik pasti hingga saat ini berpikir kalau susu dapat menambah tinggi badan, memang sih menurut beberapa penelitian mengonsumsi susu dapat meningkatkan tinggi badan. Seperti pada penelitian Wiley di Amerika pada 2005, menunjukkan bahwa tinggi badan orang dewasa berhubungan positif dengan konsumsi susunya pada usia 5-12 dan 13-17. Ternyata kandungan kalsium dalam susu mempunyai peranan penting dalam pembentukkan dan pertumbuhan tulang. Selain itu, insulin-like growth factor-1 (IGF-1) yang terkandung dalam susu juga memainkan peran penting dalam pertumbuhan tulang.

 

Penelitian tersebut menyimpulkan bahwa susu merupakan salah satu sumber zat gizi penting yang dibutuhkan untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak. Pada masa pubertas, selain berperan untuk mendukung pertumbuhan, susu juga berperan dalam mencapai massa tulang optimal guna mencegah terjadinya osteoporosis pada hari tua.

 

Banyak faktor yang mempengaruhi pencapaian tinggi badan seseorang. Selain faktor gizi, faktor keturunan juga sangat berpengaruh pada tinggi badan seseorang. Susu mungkin dapat menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi pertumbuhan tinggi badan seseorang, tetapi bukan menjadi satu-satunya faktor penentu.

 

Jadiiii kalau Sahabat Baik ingin tinggi konsumsilah susu, tapiiii di masa pubertas ya, kalau di usia 20 ke atas rasanya sulit. “Kenapa hanya saat masa pubertas saja sih?” Karena setelah masa pubertas, peningkatan tinggi badan akan semakin menurun dan kemudian akan berhenti saat memasuki usia dewasa.

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0