Tidurnya Sudah Cukup, Tapi Masih Juga Mengantuk

HomeEduaction

Tidurnya Sudah Cukup, Tapi Masih Juga Mengantuk

 

Sahabat Baik, logikanya kalau kita tidur lebih awal, harusnya kemungkinan untuk merasa mengantuk akan lebih kecil, sebab waktu kita untuk tidur lebih banyak.

 

Sahabat Baik perlu tahu jika tubuh kita merekam momen-momen setiap kita melakukan aktivitas tertentu, seperti kapan kita tidur, kapan kita makan, kapan kita melakukan aktivitas utama dan lain sebagainya. Bila kita sudah melakukannya cukup lama, akan terbentuk jam biologis yang mengingatkan kita bila kita sudah masuk ke jadwal tertentu. Contohnya, bila selama ini kita rutin tidur siang sekitar pukul 14,00, maka mendekati pukul tersebut kitaakan mulai mengantuk. Bila selama ini kita rutin sarapan pukul 07.00, maka menjelang pukul 19.00 kita bisa tiba-tiba merasa lapar.

 

Itu pulalah yang mungkin terjadi pada Sahabat Baik, karena selama ini terbiasa tidur pukul 22.00, ketika jadwalnya diubah, itu akan memberikan dampak bagi tubuh salah satunya mengantuk di waktu pagi. Ini tidak berbahaya, dan bila kita tetap konsisten dengan jadwal yang baru, tubuh pada akhirnya akan menyesuaikan dengan jadwal baru.

 

Kemungkinan lain bisa juga karena tidur tidak nyenyak, adanya kecemasan, dan berbagai faktor lainnya. Namun tentu saja ini baru bisa diketahui dengan pemeriksaan langsung.

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 1