Waktu Terbaik Lebih Brilian

HomeTips n Trik

Waktu Terbaik Lebih Brilian

Siapa sangka ternyata otak memiliki waktu terbaik dalam melakukan aktivitas tertentu. Otak akan bekerja dengan brillian saat melakukan aktivitas yang tepat sesuai jam-jamnya lho! Ada delapan waktu terbaik untuk Otak melakukan kegiatannya agar mendapatkan hasil terbaik.

 

  1. Jam 7-9 pagi

Saat terbaik untuk meningkatkan semangat dan gairah. Hal ini karena kadar hormon oksitosin (hormon cinta) berada di level tertinggi setelah bangun tidur. Waktu ini merupakan saat yang tepat untuk memperkuat hubungan dengan orang-orang yang paling penting dalam hidup.

 

  1. Jam 9 pagi sampai 11 siang

Saat terbaik untuk kreativitas. Di jam tersebut merupakan waktu yang prima untuk belajar serta mengerjakan tugas yang membutuhkan analisa dan konsentrasi.

 

  1. Jam 11 sampai jam 2 siang

Saat terbaik untuk melakukan tugas yang sulit. Peneliti Jerman mengatakan saat tersebut hormon melatonin (hormon tidur) telah menurun tajam, sehingga tubuh lebih siap untuk mengerjakan beban proyek atau pekerjaan yang sulit dan keras.

 

  1. Jam 2-3 siang

Saat terbaik untuk beristirahat. Setelah mencerna makan siang, maka tubuh akan menarik darah dari otak ke perut, kondisi ini akan membuat asupan darah atau oksigen ke otak sedikit berkurang yang membuat seseorang jadi mengantuk. Untuk itu cobalah beristirahat sebentar dari pekerjaan.

 

 

  1. Jam 3 siang sampai 6 sore

Saat terbaik untuk kolaborasi, melakukan aktivitas berbeda dengan rekan keja akan membuat seseorang lebih santai dan tekanan tubuhnya juga lebih rendah.

 

  1. Jam 6 sore sampai 8 malam

Saat terbaik untuk melakukan tugas-tugas pribadi. Tak ada salahnya untuk berjalan-jalan seorang diri atau bersama teman-teman, menyiapkan makan malam atau menikmati waktu yang berkualitas bersama anggota keluarga.

 

  1. Jam 8-10 malam

Saat terbaik untuk bersantai. Rubin Naiman, PhD spesialis masalah tidur dari University of Arizona’s Center for Integrative Medicine menuturkan “Pada malam hari ketika otak sudah lelah, merupakan cara terbaik untuk membuat tubuh menjadi santai seperti menonton film lucu, merajut atau melakukan hal-hal yang bisa membuat tubuh santai atau rileks”.

 

  1. Jam 10 malam ke atas

Saat terbaik untuk tidur dan menuda segala kegiatan. Usahakan untuk mendapatkan tidur yang cukup sebanyak tujuh sampai delapan jam, sehingga bisa mendapatkan kesehatan dan energi yang optimal di pagi hari.

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0