Yuk Jalan Kaki!

HomeEduaction

Yuk Jalan Kaki!

Meski masih pandemi tetap kudu sehat ya Sahabat Baik. Salah satu cara mempertahankan kesehatan ialah dengan berolahraga, ya minimal jalan kaki. Dengan berjalan kaki tubuh kita akan tetap bergerak dan akan mendapatkan manfaat menakjubkan seperti berikut:

 

  1. Hidup lebih lama

Studi Harvard dalam jurnal JAMA Internal Medicine pada Mei 2019 meneliti 16.000 partisipan wanita dengan usia lebih tua. Hasilnya mereka yang berjalan kaki 4.400 langkah per hari memiliki angka kematian yang secara signifikan lebih rendah dibanding wanita yang secara fisik tidak aktif.

 

  1. Menurunkan berat badan

Berjalan kaki dapat menurunkan berat badan dan risiko obesitas. Berjalan kaki lebih dari 10.000 langkah, dapat meningkatkan pembakaran lemak yang akhirnya bisa menurunkan berat badan. Berjalan kaki 10.000 langkah bisa menurunkan berat badan hingga 2 kg.

 

  1. Meningkatkan kesehatan jantung

Berjalan kaki dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular hingga 31%, bahkan mengurangi risiko kematian sebesar 32%.

 

  1. Menyehatkan mental

Menurut Anxiety and Depression Association of America, jalan kaki selama sepuluh menit sama efektifnya dengan olahraga 45 menit dalam hal menurunkan kekhawatiran dan depresi. Karena bergerak, kadar kortisol bsia menurun dan berbagai kekhawatiran pun ikut mereda.

 

  1. Menguatkan sendi

Penelitian menunjukkan bahwa berjalan setidaknya 10 menit sehari atau sekitar satu jam setiap minggu bisa mencegah kecacatan dan nyeri radang sendi pada orang tua.

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0